Minggu, 24 Zulhijjah 1440 / 25 Agustus 2019

Minggu, 24 Zulhijjah 1440 / 25 Agustus 2019

Shalat Jumat di Cina, JK Terkesima Ornamen Masjid Dongzhimen

Sabtu 27 Apr 2019 05:07 WIB

Rep: Fauziah Mursid/ Red: Esthi Maharani

Wakil Presiden (Wapres) Jusuf Kalla melaksanakan sholat Jum'at bersama dengan jamaah muslim lainnya di Masjid Dongzhimen, Jum'at (26/4).

Wakil Presiden (Wapres) Jusuf Kalla melaksanakan sholat Jum'at bersama dengan jamaah muslim lainnya di Masjid Dongzhimen, Jum'at (26/4).

Foto: Dok Setwapres
JK terkesima dengan ornamen yang menghiasi masjid tersebut.

REPUBLIKA.CO.ID, BEIJING -- Wakil Presiden Jusuf Kalla melaksanakan shalat Jumat bersama dengan jamaah muslim lainnya di Masjid Dongzhimen, Jumat (26/4). Shalat Jumat tersebut dilaksanakan JK di sela-sela kunjungannya menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Kedua Belt and Road Forum di Cina.

Dalam siaran pers yang diterima Republika, Jumat (26/4), Ketua Umum Dewan Masjid Indonesia (DMI) itu nampak terkesima dengan ornamen yang menghiasi masjid tersebut. JK pun pun menyatakan sukacitanya dapat bersilaturahmi sesama muslim di sana.

"Terimakasih kami bisa melaksanakan sholat Jum'at di sini," kata JK.

photo

Wakil Presiden (Wapres) Jusuf Kalla melaksanakan sholat Jum'at bersama dengan jamaah muslim lainnya di Masjid Dongzhimen, Jum'at (26/4). (Dok. Setwapres)

Hal ini karena tercatat bahwa Masjid Dongzhimen atau Masjid Dingzhimen Beijing itu pada awalnya dibangun pada masa Dinasti Yuan (1261-1368). Sementara bangunan yang ada saat ini merupakan peninggalan Dinasti Qing Akhir (1644-1911) yang dibangun sebelum dipindahkan ke Dongzhimen.

Adapun sebagai imam dan khotib sholat Jum'at ialah Abdullah. Sementara itu, tausiyah sebelum khotib naij mimbar diberikan oleh Hasan, sedangkan sebagai muadzin, yaitu Ali. Usai sholat Jum'at, Abdullah mengaku senang dan mengucapkan terima kasih atas berkenannya Wapres JK menjalankan sholat Jum'at bersama di masjid tersebut.

Dalam kunjungannya ke Cina sejak Rabu (24/4) beberapa hari lalu, selain menghadiri KTT Kedua Belt dan Road Forum, telah melakukan kunjungan ke Presiden Cina Xi Jinping, Working Lunch bersama Wapres Cina, menghadiri Bussines Forum dan jamuan santap malam serta pertunjukan seni yang digelar Pemerintah Cina.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA