Kamis 25 Apr 2019 18:55 WIB

Sambut Ramadhan, Dompet Dhuafa Gelar Bersih-Bersih Masjid

Bersih-bersih dilakukan untuk menciptakan lingkungan yang nyaman.

Rep: Dea Alvi Soraya/ Red: Dwi Murdaningsih
Ilustrasi Masjid
Foto: Foto : MgRol112
Ilustrasi Masjid

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Menyambut Ramadhan 1440 H, Dompet Dhuafa berbagi kebaikan dengan menggelar kergiatan bersih-bersih masjid. Salah satunya adalah masjid bersejarah di Banten, yang perlu dilindungi dan dijaga keindahan dan kebersihannya.

Perwakilan Dompet Dhuafa, Ahmad Fitroh mengatakan, kegiatan ini merupakan bagian dari program revitalisasi masjid dan musholla yang rutin dilakukan Dompet Dhuafa setiap tahun menjelang Ramadhan. Kegiatan ini bertujuan menciptakan lingkungan yang bersih dan sehat, memberikan rasa nyaman, khusyuk dan tenang kepada jamaah pada saat melakukan ibadah selama bulan suci ramadhan. 

Baca Juga

Kegiatan bersih-bersih ini digelar di Masjid Agung Syekh Asnawi Caringin, Banten, Kamis (24/4). Masjid ini didirikan pada zaman kolonial Belanda pada 1883 oleh Syekh KH. Asnawi. Saat Ramadhan tiba, masjid bersejarah seperti Masjid Agung Syekh Asnawi, memiliki daya tariknya sendiri, bukan hanya sebagai tempat ibadah namun juga sebagai tempat berwisata. 

“Tim Dompet Dhuafa membersihkan masjid dengan membersihkan karpet sejadah, memvakum karpet dan menambahkan pewangi agar orang dapat beribadah dengan nyaman,” kata Fitroh melalui keterangan yang diterima Republika.co.id, Kamis (25/4). 

 

“Tempat wudhu, jendela serta pintu masjid pun tidak lupa tim bersihkan sampai terlihat mengkilat. Seperti halnya membangun rumah kegiatan bersih-bersih masjid juga di tutup dengan mencat ulang masjid sehingga terlihat cerah,” sambung dia. 

Kegiatan sosial ini pun mendapat apresiasi dari kalangan masyarakat dan pihak DKM. Mumu Mukhlis, selaku pengurus DKM Masjid Agung Syekh Asnawi mengatakan, gerakan bersih-bersih masjid ini dapat menjadi aktivitas yang menggerakkan masyarakat untuk selalu memperhatikan kebersihan masjid.

“Kami merasa bersyukur yang luar biasa kepada Dompet Dhuafa yang telah  melakukan aksi sosial ini,“ kata Mumu. 

LPM Dompet Dhuafa, dalam rangka memeriahkan dan menghidupkan bulan suci ramadhan, juga menggelar sejumlah program, diantaranya zikir dan munajat doa bersama keluarga pasien, Kampung Sanlat anak yatim dan dhuafa, Parsel Lebaran, Kudapan Ramadhan, Sahur Berkah, Gerebek Kampung Berbuka, Pelatihan dongeng ceria untuk guru TPA, Ramadhan berbagi bersama disabilitas, Pesantren Ramadhan bagi disabilitas, Dapur Keliling dan Mudik Ceria.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement