Friday, 18 Rabiul Awwal 1441 / 15 November 2019

Friday, 18 Rabiul Awwal 1441 / 15 November 2019

Karya-Karya al-Tusi

Rabu 24 Apr 2019 21:00 WIB

Red: Agung Sasongko

Ilmuwan Muslim berhasil memberikan penemuan yang sangat bermanfaat bagi kehidupan penerus saat ini.

Ilmuwan Muslim berhasil memberikan penemuan yang sangat bermanfaat bagi kehidupan penerus saat ini.

Foto: Photobucket.com/ca
Salah satu karya al-Tusi adalah Mutawassitat yang berisi tentang astronomi dan musik.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Salah satu karya al-Tusi adalah Mutawassitat yang berisi tentang astronomi, teknik, dan musik. Karyanya ini dicetak kembali atas permintaan Sultan Ottoman, Muhammad II, pada 1477-1478 M. Ketika itu, astronomi yang berkembang pada masa Ottoman dipengaruhi oleh Observatorium Maragha, Samarkand, dan Mesir. 

Baca Juga

Si Fasl Dar Ma’rifat Taqwim adalah risalah yang ditulis al-Tusi dalam bahasa Persia. Risalah ini terkenal dengan nama Risala Si Fasl. Dari judulnya dapat diketahui, risalah ini berisi 30 bagian dan merupakan risalah terkenal al-Tusi tentang pembuatan kalender. Risalah ini ditulisnya di Provinsi Assassins dan terdiri atas penanggalan, termasuk masa kalender Jalali of Khayyam (1048-1131 M) berupa putaran matahari, bulan, planetplanet, dan seputar astrologi. 

Risalah tersebut kemudian dialihbahasakan dalam bahasa Turki oleh Ahmed Dai. Risalah itu digunakan sebagai buku pelajaran astronomi di madrasahmadrasah Ottoman, terutama bagaimana membuat penanggalan. Risalah tersebut dicetak sebanyak 26 eksemplar dan berada di perpustakaan Turki sampai saat ini. Pada 1649-1650 M, sejarawan terkenal Hajji Khalifa merekomendasi murid-muridnya untuk membaca Si Fasl. 

Dalam pengantarnya, Ahmed Dai mengatakan, terjemahannya ia persembahkan kepada Sultan Celebi Muhammad. Terjemahan ini dicetak dalam dua edisi yang berbeda. Pertama diterbitkan oleh IH Ertalyan dengan judul Eskal Nasir Tusi Tercumesi tahun 1952 M di Istanbul dan yang kedua diterbitkan oleh Muammer Dizer dan T N Gencan. Karya al- Tusi ini banyak dikomentari oleh cendekiawan berikutnya. 

Tarjama Mukhtasar dar Ma’rifat Taqwim adalah translasi buku pembuatan penanggalan kar ya al-Tusi yang diringkas menjadi tujuh bagian. Ini adalah buku pertama yang memuat pe nanggalan masa Ottoman. Buku ini terbit pada 1397 M.

Pada periode Ottoman, karya al-Tusi digunakan untuk pembuatan ka len der atau kegiatan yang berhubungan dengan astronomi dan astrologi. Buku Istikhraj Dustur karya Osman Efendizade Abdullah Efendi ditulis menggunakan tabel al-Tusi. 

sumber : Islam Digest Republika
BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA