Friday, 18 Rabiul Awwal 1441 / 15 November 2019

Friday, 18 Rabiul Awwal 1441 / 15 November 2019

Rumah Zakat dan Forum Peduli Bencana Beri Bantuan ke Sentani

Rabu 17 Apr 2019 14:04 WIB

Red: Gita Amanda

Warga Sentani mendapar bantuan dari Forum Peduli Bencana dan Rumah Zakat.

Warga Sentani mendapar bantuan dari Forum Peduli Bencana dan Rumah Zakat.

Foto: Rumah Zakat
Hingga saat ini masih banyak rumah yang tertimbun lumpur serta pasir.

REPUBLIKA.CO.ID, JAYAPURA -- Senin (15/4) Forum Peduli Bencana bersama Rumah Zakat mendistribusikan bantuan berupa perlengkapan sekolah yang terdiri dari tas, kaos kaki, pensil, bolpoin, buku, penghapus, penggaris, dan tempat pensil. Bantuan diberikan untuk anak-anak penyitas banjir bandang di Sentani, Jayapura.

Bantuan tersebut didistribusikan ke BTN Sosial, berhubung lokasi ini merupakan lokasi yang terkena dampak cukup parah dan ada beberapa rumah yang rusak. Hingga saat ini masih banyak rumah yang tertimbun lumpur serta pasir mencapai hampir dua meter yang tersisa.

Ini dikarenakan ketebalan dan banyaknya timbunan lumpur serta pasir. Untuk membersihkan lumpur dan pasir akibat banjir bandang ini tidak bisa dengan manual, melainkan harus menggunakan alat berat terlebih dahulu.

Guyuran hujan deras beberapa hari yang lalu juga membuat aktivitas warga menjadi terganggu. Adik-adik di lokasi BTN Sosial ini harus berjuang lebih keras dalam menuntut ilmu pascahujan. Mereka harus berjalan kaki tanpa menggunakan sepatu dalam kondisi lumpur dan becek untuk belajar di sekolah dan menggapai cita cita mereka, meskipun demikian mereka tetap semangat.

Selain akses jalan yang rusak, kondisi sekolah mereka juga mengkhawatirkan, sehingga ada beberapa sekolah yang sementara diliburkan terutama Sekolah Dasar. Masyarakat di lokasi ini rata-rata masih banyak yang mengungsi di posko bencana. Siang mereka datang kerumah untuk membersihkan rumah, dan ketika menjelang sore mereka kembali mengungsi.

"Kami belum berani untuk meninggali rumah karena kondisi yang belum memungkinkan. Menjelang malam kami kembali mengungsi, takutnya ketika kami tertidur pulas turun hujan deras, sehingga lebih baik tetap berada diposko bencana sampai lokasi kami benar-benar dinyatakan sudah aman. Terima kasih atas bantuan yang diberikan kepada warga kami," ucap salah seorang ibu ditempat itu.

Baca Juga

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA