Jumat 12 Apr 2019 07:00 WIB

LPMQ Beri Penghargaan Penerbit Mushaf Alquran Terbaik

Penghargaan penerbit Alquran terbagi menjadi tiga kategori,

Rep: Zahrotul Oktaviani/ Red: Agung Sasongko
Alquran
Foto: Republika/Agung Supriyanto
Alquran

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Lajnah Pentashihan Mushaf Alquran (LPMQ) Badan Litbang dan Diklat Kementerian Agama (Kemenag) menobatkan tiga penerbit mushaf Alquran sebagai yang terbaik di tahun 2019. Atas capaian itu, ketiganya pun mendapat penghargaan dari LPMQ.

Penghargaan diberikan bersamaan Lokakarya Penerbitan Mushaf Alquran yang berlangsung di aula Museum Istiqlal lantai 4, Taman Mini Indonesia Indah (TMII) Senin, (8/4) lalu.

Baca Juga

Kepala Bidang Pentashihan Mushaf Al-Qur’an, Deni Hudaeny Ahmad Arifin, mengatakan penghargaan terhadap penerbit mushaf Alquran terbagi dalam tiga kategori. Kategorinya antara lain; Penerbit Mushaf Alquran Terpatuh, Penerbit Mushaf Alquran Terinspiratif, dan Penerbit Mushaf Alquran Terinovatif. 

“Penilaian dan evaluasi kepada penerbit dilakukan pada 2018, setelah proses permohonan surat tanda tashih selesai,” kata Deni dikutip dari situs resmi Kemenag, Kamis (11/4).

Kategori Penerbit Mushaf Alquran Terpatuh diraih PT. Tiga Serangkai Pustaka Mandiri, Solo. Kepatuhan ini dinilai mulai dari proses pendaftaran sampai proses penyerahan mushaf dokumentasi kepada LPMQ. 

Deni menyebut ada dua belas langkah dalam form penilaian. Ia berharap mudah-mudahan pada  2020 atau rentang waktu penilaian tahun 2019 ini, banyak penerbit yang masuk dalam nominasi kategori penerbit terpatuh ini.

Untuk kategori Penerbit Mushaf Alquran Terinspiratif, penghargaan diberikan kepada Forum Pelayan Al-Qur’an (FPQ), Tangerang Selatan. “Maksud penerbit terinspiratif adalah penerbit yang telah mewakafkan file master mushaf Al-Qur’an kepada LPMQ untuk dapat digunakan oleh seluruh penerbit Al-Qur’an di Indonesia,” ujar Kabid Pentashihan ini.

Sedangkan penghargaan untuk kategori penerbit Mushaf Alquran Terinovatif, LPMQ memberikannya kepada  PT. Cordoba Internasional Indonesia, Bandung. LPMQ menilai, penerbit ini telah berinovasi sekian banyak ragam mushaf Alquran yang disediakan untuk hadir di tengah masyarakat Indonesia.

Ke depannya, Deni berharap penghargaan ini menjadi inspirasi bagi penerbit Alquran lainnya untuk menghadirkan mushaf yang indah, baik, dan benar melalui prosedur pentashihan di tahun-tahun yang akan datang. Piagam penghargaan diberikan langsung oleh Kepala LPMQ setelah pembacaan SK Kepala Lajnah oleh Kabid Pentashihan. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement