Rabu 10 Apr 2019 08:32 WIB

Dikte Mainkan Peranan Penting dalam Pendidikan Islam

Metode pendiktean biasanya digunakan saat anak belajar menulis.

Ilmuwan Muslim berhasil memberikan penemuan yang sangat bermanfaat bagi kehidupan penerus saat ini.
Foto: Photobucket.com/ca
Ilmuwan Muslim berhasil memberikan penemuan yang sangat bermanfaat bagi kehidupan penerus saat ini.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — George A Maksidi dalam bukunya Cita Humanisme Islam mengatakan, istilah dikte dipinjam dari kebudayaan Islam klasik. Imla’ secara harfiah berarti dikte. Artinya, disampaikan melalui metode pendiktean spontan tanpa persiapan.

Ars dictaminis dalam tradisi Islam klasik kemudian sampai ke dunia Barat melalui apa yang disebut Charles Homer Haskins sebagai “arus pembelajaran baru”. Arus pembelajaran baru ini mencapai Barat melalui Italia, Sisilia, dan Spanyol. Teknik dictation dalam Islam merupakan salah satu unsur baru yang datang ke Barat.

Baca Juga

Dikte pada tradisi Arab klasik dipandang sebagai metode yang diperlukan untuk mempelajari kajian adab. Perkembangan kajian adab (humaniora Arab klasik) sendiri diawali oleh kajian tata bahasa dan leksikografi pada abad ke-7 atau pertama Hijriah. 

Kedua kajian dilakukan untuk memenuhi kebutuhan para ulama yang bersandar pada teks keagamaan. Kajian juga dilakukan untuk memenuhi kebutuhan administrasi perkantoran.

Dalam pendidikan Islam, metode dikte memainkan peranan penting dan mendasar. Ketika seorang anak mulai belajar membaca, mereka juga mulai belajar menulis. Ia bisa mengikuti metode belajar pendiktean begitu ia bisa menulis.

Untuk mempelajari bahasa Arab klasik, diperlukan dikte ketimbang sekadar menulis. Seseorang baru bisa memastikan ia belajar bahasa Arab dengan benar hanya ketika mendengarnya. Karena, bahasa Arab hanya konsonannya yang ditulis.

Saluran komunikasi antara Islam dan Barat Kristen berkembang di Sisilia utara, selatan Italia, dan Spanyol. Bangsa Arab membutuhkan waktu hampir satu abad untuk menaklukkan Sisilia yang dimulai pada 827-917 M. Selama satu setengah abad berikutnya, Sisilia merupakan negeri Muslim di Eropa Abad Pertengahan

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement