Jumat 25 Jan 2019 09:23 WIB

Ini Adab Hamba Allah Terhadap Dirinya

Beramal butuh ilmu, sabar dan ikhlas.

Habib Abdul Rahman Al Habsy.
Foto: Dok SBBI
Habib Abdul Rahman Al Habsy.

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR – Allah menciptakan manusia bukan tanpa tujuan. Allah pun memberikan petunjuk kepada manusia agar hidup selamat dan bahagia di dunia dan akhirat.

“Salah satu hal yang harus diperhatikan adalah manusia (hamba Allah) mempunyai adab terhadap dirinya,” kata Dr Habib Abdul Rahman Al-Habsy  saat mengisi pengajian guru Sekolah Bosowa Bina Insani (SBBI) di Masjid Al Ikhlas Bosowa Bina Insani, Bogor, Jawa Barat, Jumat (25/1).

Ia menyebutkan, adab hamba Allah terhadap dirinya sendiri ada tiga. Ketiganya adalah menciptakan kebahagiaan dunia dan akherat; memulai pekerjaan dengan mengharap ridha Allah SWT, dan mengharap pahala dari Allah SWT,” ujarnya.

Ia menambahkan, pekerjaan amal manusia membutuhkan tiga perkara. “Yakni, mempunyai ilmu, sabar dan ikhlas karena Allah,” tuturnya.

Habib Abdul Rahman juga mengingatkan, ada manusia yang diberikan kebaikan oleh Allah SWT, namun hidupnya celaka. “Orang tersebut adalah orang yang dengan ilmunya tidak menunjukkan keilmuannya;  Allah berikan kemudahan bersahabat dengan orang saleh tetapi tidak menunjukkan hak-hak orang saleh; dibukakan pintu ketaatan tetapi tidak ikhlas akhirnya pekerjaannya tidak barokah,” paparnya.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement