Jumat 30 Nov 2018 22:33 WIB

Mobil Juara Rumah Zakat Beri Penyuluhan di Cilegon

Penyuluhan yang diberikan membahas tentang bagaimana pentingnya menjaga paru-paru.

Mobil Juara Rumah Zakat kunjungi SDN Ilir Cilegon.
Foto: Rumah Zakat
Mobil Juara Rumah Zakat kunjungi SDN Ilir Cilegon.

REPUBLIKA.CO.ID, CILEGON -- Memperingati Hari Penyakit Paru-Paru se-dunia, Mobil Juara Cilegon bersama Fasilitator Kesehatan Rumah Zakat melakukan penyuluhan di SDN Jerang Ilir, Cibeber, Cilegon. Penyuluhan yang diberikan membahas tentang bagaimana pentingnya menjaga paru-paru.

Paru-paru adalah organ pada sistem pernapasan (respirasi) yang berfungsi menukar oksigen dari udara dengan karbon dioksida dari darah. Penyakit paru-paru terjadi karena beberapa faktor, salah satunya asap rokok.

Penyuluhan kali ini tim Mobil Juara Rumah Zakat menghadirkan Alia untuk memberikan penyuluhan kesehatan tentang penyakit paru dengan metode dongeng. Dalam dongengnya Alia menceritakan bagaimana rokok itu sangat berbahaya bagi kesehatan, terutama berbahaya bagi organ pernafasan seperti paru-paru.

Tak lupa kak Alia pun mengajak para siswa untuk menghindari asap rokok. Juga menegur para perokok dengan baik dan sopan supaya terhindar dari penyakit paru-paru.

Semua siswa tampak memperhatikan dongeng yang disampaikan Alia . Ketika Evi salah satu tim Rumah Zakat meminta salah satu anak untuk mengulas pesan yang disampaikan, dengan semangat mereka mengacungkan tangan.

Fahmi, siswa kelas 1 ini begitu semangat mengulas kembali pesan yang di sampaikan Alia dalam dongengnya. Menurutnya jika ada orang yang merokok sebaiknya ditegur.

"Kita harus menghindari asap rokok, soalnya bahaya buat paru-paru," ujar Fahmi.

Tidak hanya menyuguhkan penyuluhan kesehatan, tim juga menyuguhkan kegiatan lain yang tak kalah mendapat antussias dari para siswa. Kegiatan tersebut di antaranya lomba mewarnai, menonton film dan membaca buku. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement