Selasa, 15 Rabiul Awwal 1441 / 12 November 2019

Selasa, 15 Rabiul Awwal 1441 / 12 November 2019

Rumah Zakat Gelar Gebyar Maulid Nabi di Palu

Rabu 28 Nov 2018 02:15 WIB

Red: Gita Amanda

Gebyar Maulid Nabi di Palu.

Gebyar Maulid Nabi di Palu.

Foto: Rumah Zakat
Secara garis besar agenda ini memiliki tujuan untuk memberi motivasi.

REPUBLIKA.CO.ID, PALU -- Masih dalam suasana peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW 1440 H, Rumah Zakat menggelar acara Gebyar Maulid Nabi Muhammad SAW pada tanggal 24 November lalu. Agenda yang dilaksanakan pada acara ini adalah perlombaan Islami di antaranya lomba mewarnai, lomba da'i cilik, lomba adzan, hafalan Juz 30, lomba membaca puisi, dan lomba shalat berjamaah.

Selain kegiatan perlombaan, keesokan harinya 25 November 2018 juga dilaksanakan Tabligh Akbar dengan menghadirkan Ustaz Zainal Abidin, yang beliau merupakan Ketua MUI Kota Palu. Serta diakhiri dengan pengumuman dan pembagian hadiah kepada para pemenang lomba yang hari ini telah dilangsungkan.

Agenda ini di khususkan untuk adik-adik yang masih duduk di bangku TK, SD kelas 1-4. Walaupun di bawah terik panasnya matahari kehadiran dan semangat mereka dalam mengikuti lomba ini sungguh sangat luar biasa.

Gebyar ini diikuti kurang lebih sekitar 115 orang peserta yang berasal dari berbagai sekolah yang mengikuti mata lomba. Pelaksanaan lomba di mulai pukul 14.12 WITA bertempat di Mesjid Jabal Nur Pengawu jalan Pandanjakaya.

Dalam kesempatan kali ini tema kegiatan yang diangkat yakni "Meneladani Rasullah, Menyongsong Masa Depan Dengan Semangat Palu Bangkit". Tema ini bertujuan untuk memberi makna kepada adik-adik dapat menjadi pribadi yang tangguh dan bisa meneladani akhlak Rasulullah SAW dalam kehidupan sehari-hari.

Dalam hal ini juga sekaligus memberi pengertian tentang bagaimana cara menghadapi sebuah musibah atau bencana yang menimpa pada lingkungan atau diri kita. Secara garis besar agenda ini memiliki tujuan untuk memberi motivasi kepada anak-anak yang tinggal di daerah dampak bencana.

"Agenda ini juga bertujuan untuk memberikan semangat dan harapan kepada adik-adik dan masyarakat agar terhindar dari trauma yang berkepanjangan terhadap bencana Gempa dan Tsunami yang baru baru ini terjadi di Palu, Sigi dan Donggala," ungkap Ketua Panitia Parlin Lubis salah satu relawan Rumah Zakat.

Abdullah selaku DKM Jabal Nur mengungkapkan rasa syukurnya dengan diselenggarakannya kegiatan peringatan maulid yang begitu meriah dalam suasana saat ini. "Kami mewakili jamaah mesjid mengucapkan terima kasih kepada Rumah Zakat atas kehadirannya di sini sejak hari kedua kejadian. Dan dengan kegiatan ini berharap masyarakat terutama anak-anak dapat melupakan kejadian luar biasa yang baru saja mereka alami," katanya seperti dalam siaran persnya.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA