Senin 05 Nov 2018 17:45 WIB

ICQ, Wadah Pemersatu Umat Islam di Brisbane

ICQ mewakili banyak organisasi dan masjid di 10 kota Queensland, termasuk Brisbane.

Rep: Ratna Ajeng Tedjomukti/ Red: Agung Sasongko
Muslim Australia
Foto: Australia Plus
Muslim Australia

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Dewan Islam Queensland (ICQ) berdiri pada 1969. Organisasi Islam di Australia ini merupakan payung umat Islam di Queensland. ICQ mewakili banyak organisasi dan masjid di 10 kota Queensland, termasuk Brisbane.

ICQ bertugas sebagai wadah konsultasi komunitas yang melibatkan dan membangun hubungan dengan semua elemen masyarakat. Perkumpulan itu juga melayani sertifikasi halal dengan membantu restoran, tukang daging, rumah potong hewan, dan pengolah melalui iklan dan promosi.

Mereka juga memiliki program pemberdayaan masyarakat. ICQ menggunakan dan hibah untuk membantu masyarakat melalui pelatihan yang terdaftar dalam sebuah aplikasi digital. ICQ bertujuan untuk menjadi sumber informasi dalam kaitannya dengan hal-hal yang melibatkan Islam dan Muslim.

Baca: Umat Islam di Brisbane Bangkit dengan Kekuatan Dakwah

Informasi yang diberikan akan cocok untuk semua khalayak, termasuk Muslim, Non-Muslim, outletmedia dan politikus.Ber bagai hal akan dibahas tetapi tidak terbatas pada agama, lokakarya pelatihan, politik dan urusan saat ini, peluang kerja, iklan baris, paket umrah dan haji, serta promosi dan pemasaran bisnis.

ICQ sebagai badan tertinggi umat Islam di Queensland telah mengembangkan hubungan yang kuat dengan berbagai media di Brisbane. Lembaga itu terlibat dengan media dalam dialog untuk memas tikan bahwa perspektif Muslim didengar dan dipotret ke publik.

Penting bahwa ICQ terus bekerja dengan berbagai organisasi Muslim untuk memastikan pesan yang konsisten akan bermanfaat bagi semua warga Australia.ICQ mengadopsi pendekatan yang sangat proaktif dengan media dan merespons dengan cepat permintaan media.

ICQ, yang mengadopsi pendekatan bipar tisan untuk keterlibatan politik, sangat aktif terlibat dengan politikus di kedua sisi spektrum politik. Anggotanya terus-menerus mengangkat masalah kepentingan dan atau kepedulian atas nama komunitas Muslim.

Baca Juga: Kiprah Umat Islam di Brisbane dalam Berdakwah

Hingga saat ini, ICQ telah menemukan pendekatan dialog terbuka dengan politikus. Praktisi politik menunjukkan empati yang lebih kepada orang-orang yang mereka kenal. Tujuan ICQ adalah mem bentuk kelompok lobi resmi. Berbagai pihak akan berkumpul di sini untuk menyatukan kepentingan dan kemaslahatan umat.

Wadah pemersatu umat itu juga terus menawarkan berbagai layanan dukungan kepada Masyarakat Anggota. Layanan ini termasuk pengaturan para penghafal Alquran untuk berdakwah pada bulan Ramadhan, mengatur diskon grup untuk produk dan layanan yang diperoleh umum (misalnya asuransi kewajiban publik), pengembangan kurikulum pendidikan Islam terpusat, dan pengembangan berba gai program dan lokakarya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement