Selasa 18 Sep 2018 00:26 WIB

Ini Tujuan PKS Gelar Lomba Baca Kitab Kuning

Lomba diikuti utusan pesantren se-Jawa Barat sebanyak 184 peserta.

Rep: Arie Lukihardianti/ Red: Didi Purwadi
Kitab Kuning
Foto: Antara
Kitab Kuning

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Dewan Pengurus Wilayah Partai Keadilan Sejahtera (DPW PKS) Jawa Barat dan Fraksi PKS DPRD Provinsi Jawa Barat menggelar lomba baca kitab kuning (LBKK) ketiga tingkat provinsi di Aula Kantor DPW PKS Jawa Barat, Bandung, Ahad (16/9). PKS berharap kegiatan lomba ini dapat meningkatkan kecintaan pada kitab kuning.

''Lomba ini diharapkan dapat menambah kecintaan masyarakat terhadap kitab-kitab klasik rujukan umat Islam. Pada lomba kali ini, kitab yang dibaca adalah Fathul Mu'in,'' kata Ketua Fraksi PKS DPRD Jawa Barat, Tetep Abdulatif, Ahad (16/9).

Sementara Sekretaris Umum DPW PKS Jawa Barat, Abdul Hadi Wijaya, berharap dengan membaca kitab, umat belajar dari sumbernya secara langsung. Sehingga, pengetahuan yang didapatkan itu merupakan hasil kajian dari khasanah peninggalan para ulama.

Ketua Bidang Pembangunan Umat DPW PKS Jawa Barat, Abdul Muiz, mengatakan sebagai partai dakwah, PKS sangat menghormati dan menjunjung tinggi tradisi keilmuan melalui kajian kitab kuning karya ulama. Keluarga besar PKS beraqidah ahlus sunnah wal jamaah serta berazam untuk memajukan pesantren.

Selain itu, kegiatan ini juga bertujuan memberikan penghargaan kepada ulama, cerdik cendekia, pesantren, motivasi kepada santri agar lebih giat mempelajari kitab kuning. ''Penghargaan dan terimakasih kepada unsur MUI Jabar, PWNU dan asatidz pesantren yang telah mendukung terselenggaranya acara ini,'' katanya.

Kegiatan lomba ini diikuti utusan pesantren dari berbagai daerah se Jawa Barat sebanyak 184 peserta terdiri dari 146 santriwan dan 38 santriwati. Mereka telah mengikuti babak penyisihan di masing-masing kota dan kabupaten.

Hasilnya, peserta dari Kabupaten Cianjur berhasil meraih juara pertama dan berhak mendapat hadiah umroh dan mewakili Jawa Barat maju ke tingkat nasional yang akan diselenggarakan oleh DPP PKS. ''Juara pertama diraih Asep Sofyan perwakilan dari Pondok Pesantren Nurul Hidayah Al-Hodijiyah Kabupaten Cianjur,'' ujar Abdul Hadi Wijaya.

Posisi kedua diraih Muhammad Dede Lutfi perwakilan dari Pondok Pesantren Nurul Hidayah Kabupaten Tasikmalaya. Dede berhak mendapatkan trofi dan uang pembinaan senilai tujuh juta lima ratus ribu rupiah. Peringkat ketiga diraih Budi Andrianto perwakilan dari Pondok Pesantren Assidiqiyah Kabupaten Karawang, berhak mendapatkan trofi dan uang pembinaan senilai lima juta rupiah.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement