Rabu 01 Aug 2018 17:07 WIB

Rahasia yang tak Terungkap dari Masjid Badshahi Lahore

Masjid ini merupakan masjid yang sangat terkenal di Lahore.

Rep: mgrol105/ Red: Andi Nur Aminah
Masjid Badshahi di Lahore, Pakistan.
Foto: dailytimes.com
Masjid Badshahi di Lahore, Pakistan.

REPUBLIKA.CO.ID, LAHORE -- Masjid Badshahi dapat dikatakan sebagai 'Raja dari semua Masjid' di Lahore. Masjid ini merupakan masjid yang sangat terkenal di Lahore. Setiap kali anda mengunjungi masjid ini, anda akan terpukau dengan keagungannya.

Dilansir Daily Times, masjid ini merupakan masjid terbesar di dunia selama hampir 313 tahun dalam sejarah. Selama 70 tahun pertama setelah pembangunannya pada 1673, masjid ini dikenal hanya karena ukurannya yang besar, dan terlihat dari hampir 10 mil jauhnya.

Masjid ini konon dibangun pada 1671 hingga 1673, di bawah pengawasan Fida'i Khan Koka yang merupakan saudara ipar Mughal Kaisar Aurangzeb dan gubernur Lahore. Setelah dua tahun pembangunan, masjid dibuka pada 1673.

Kemegahan Masjid Badshahi dipengaruhi oleh Masjid Jamia Delhi yang dibangun oleh Kaisar Mughal Shah Jahan. Karena ujung utara masjid Badshahi dibangun di sepanjang tepi sungai Ravi, tidak mungkin memasang gerbang utara seperti yang digunakan di Masjid Jamia, dan gerbang selatan juga tidak dibangun untuk mempertahankan kesimetrisan masjid.

photo
Masjid Badshahi Lahore, Pakistan.

Lalu, mengapa masjid ini dibangun di sini? Referensi bersejarah memberi tahu bahwa Masjid Badshahi awalnya direncanakan untuk menjaga sehelai rambut Nabi Muhammad SAW. Banyak orang yang tidak mengetahui fakta ini. Referensi sejarah lainnya mengatakan bahwa Aurangzeb membangun masjid untuk memperingati kampanye militernya melawan raja Maratha Chhatrapati Shivaji.

Bagian luar masjid dihiasi dengan ukiran batu yang kuat dan tatahan marmer di batu pasir merah. Ini yang membuat masjid terlihat berbeda dari semua masjid era Mughal lainnya. Hal inilah yang membuat masjid dikenal sebagai 'raja masjid'.

Masjid Badshahi dibangun hanya beberapa ratus meter ke barat Benteng Lahore, dan pada saat itu Sungai Ravi mengalir di dekatnya. Masjid dibangun di atas panggung tinggi untuk menghindari banjir saat itu. Pada saat pembangunannya, referensi bersejarah mengatakan bahwa, Kaisar Mughal Alamgir Aurangzeb memerintahkan untuk menempatkan penghalang pada satu titik di sungai sehingga air tidak mengalir dekat ke masjid dan masjid tidak rusak. Seiring dengan berjalannya waktu, karena hambatan yang ditempatkan di dalam sungai, sungai mengubah palungnya dan sekarang Sungai Ravi terlihat mengalir jauh.

Masjid Badshahi adalah tempat wisata terkenal yang dikunjungi hampir ribuan wisatawan setiap harinya. Pada akhir pekan masjid akan dipenuhi wisatawan dari seluruh Pakistan.

photo
Masjid Badshahi di Lahore

Semua tamu negara dan pejabat penting juga dibawa tur ke masjid megah yang terletak di jantung Lahore ini. Aspek lain yang menarik adalah bahwa Samadhi Maharaja Ranjit Singh juga dekat dengan masjid ini sehingga memamerkan contoh terbaik dari kerukunan beragama.

Bagian dalam masjid memiliki ornamen yang kaya di dekor stucco dan panel dengan motif fresco dan tatahan marmer. Di dalam halaman, terdapat ruang shalat yang memiliki empat menara yang menduplikasi empat menara di setiap sudut pinggiran masjid.

Seluruh arsitektur adalah tanda simetri yang dikenal dalam arsitektur Mughal. Ruang shalat utama dibagi menjadi tujuh bagian dengan menggunakan lengkungan multi-foil yang didukung pada pilar-pilar berat. Tiga di antaranya menanggung kubah ganda marmer putih sedangkan empat bagian lainnya ditutupi dengan kubah datar.

Dalam upaya untuk mencerminkan karakter pendirinya, para arsitek mendesain masjid untuk memancarkan keberanian, keluasan dan keagungan. Dinding telah dibangun dengan bata-bata kecil yang dibakar, tetapi memiliki finishing batu pasir merah. Jalan menuju ruang shalat telah dibangun dengan marmer beraneka warna.

Bilik di sisi masjid memiliki sistem gema yang unik. Anda perlu mengunjungi masjid untuk merasakan hal tersebut.

photo
Masjid Badshahi di Lahore

Kita dapat mengetahui dari para arsitek dan referensi historis bahwa lantai asli halaman masjid dipenuhi dengan batu bata kecil yang dibakar dengan pembakaran yang diletakkan dalam pola Mussalah (pola karpet doa). Selama perbaikan pada 1939-1960 lantai batu pasir merah diletakkan kembali.

Lantai asli ruang shalat juga diganti dengan marmer Mussalah selama perbaikan tersebut. Terdapat dua prasasti di masjid tersebut. Pertama, di pintu gerbang dan satu lagi di ruang shalat di bawah kubah tinggi utama. Langit-langit dan dindingnya dihias dengan indah.

Bagian luar Masjid mewakili kemegahan dan martabat masjid. Di bagian luar Anda akan mengamati motif teratai dengan batuan tebal. Ini juga direplikasi di bagian lain masjid.

Arsitek mengklaim bahwa hiasan masjid memiliki pengaruh arsitektur Indo-Yunani, Asia Tengah dan India baik dalam teknik dan motif dekoratif. Merlons hias yang indah, dihiasi dengan lapisan marmer, menambah keanggunan di sekeliling masjid dan memperindah garis langit.

Ciri-ciri utama masjid adalah halaman luas persegi, gang samping (dalans), empat sudut menara, memproyeksikan penampungan pusat ruang shalat, dan gerbang pintu masuk yang megah. Masjid ini memiliki kapasitas untuk menampung 55 ribu jamaah. Ada juga sebuah museum di dalam masjid di mana pengunjung dapat melihat peninggalan menakjubkan dari masa lalu dan sejarah Islam.

photo
Ruang shalat Masjid Badshahi Lahore, Pakistan.

Seperti banyak masjid lain di Lahore, masjid ini tidak bisa lolos dari viktimisasi aturan setelah kejatuhan Kekaisaran Mughal. Selama pemerintahan Maharaja Ranjeet Singh, Hujras (kamar-kamar) di sekitar batas luar masjid ditempati oleh pasukan tentaranya. Beberapa tahun kemudian, gempa bumi melanda Lahore dan menghancurkan menara marmer di bagian atas setiap menara. Menara terbuka berfungsi sebagai posisi untuk persenjataan besar selama perang sipil Sikh.

Lalu datanglah pemerintahan Inggris dan masjid itu berubah menjadi garnisun militer. Masjid banyak rusak selama era Sikh dan oleh karena itu pada 1852, Inggris mendirikan Otoritas Masjid Badshahi untuk pemulihan masjid sehingga bisa dikembalikan kepada Muslim sebagai tempat ibadah. Pada tahun 1939 perbaikan besar dimulai di bawah pengawasan arsitek Nawab Zen Yar Jang Bahadur. Perbaikan berlanjut hingga tahun 1960 dan diselesaikan dengan biaya 4,8 juta rupee. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement