Senin 28 May 2018 23:37 WIB

Pemkot Bogor Terbitkan Edaran Shalat Berjamaah

Surat edaran tersebut diedarkan ke 700 masjid yang ada di Kota Bogor.

Umat muslim melakukan shalat subuh berjamaah (ilustrasi)
Foto: Republika/Mahmud Muhyidin
Umat muslim melakukan shalat subuh berjamaah (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR -- Pelaksana tugas (Plt) Wali Kota Bogor Usmar Hariman menandatangani surat edaran berisi imbauan kepada warga untuk meningkatkan ibadah wajib dan sunnah dengan kegiatan Subuh Berjamaah di masjid. "Per hari ini saya tandatangani surat edaran buat warga Kota Bogor untuk meningkatkan ibadah wajib, dan sunnahnya. Salah satunya lewat kegiatan subuh berjamaah," kata Usmar saat mengisi sambutan kegiatan Tarawih keliling (Tarling) di Masjid Jami Aenul Mujahidin, Kelurahan Curug Mekar, Kecamatan Bogor Barat, Kota Bogor, Senin (28/5) malam.

Usmar mengatakan, surat edaran tersebut diedarkan ke 700 masjid yang ada di Kota Bogor. Diharapkan ini menjadi pendorong agar masyarakat bisa meningkatkan ibadahnya, sehingga apa yang dicita-citakannya dapat terwujud.

Menurutnya, Ramadhan adalah momen bagi semua umat Islam untuk meningkatkan kualitas ibadahnya, dari awal Ramadhan, pertengahan, hingga akhir tetap kontinyu beribadah. "Seperti kita nonton pertandingan Liverpool dengan Real Madrid, bagaimana tim Liverpool tetapi bersemangat di setiap babaknya untuk mengejar ketertinggalan, walau harus sakit, capek dan letih," kata Usmar.

Untuk bisa berkelanjutan dalam beribadah, Usmar mengatakan, kuncinya adalah niat yang kuat. Lalu menjaga ibadah agar tetap jalan jangan sampai gugur oleh kepentingan lain, seperti persiapan lebaran, masak kue dan beli baju lebaran.

Dia mengatakan, meningkatkan ibadah penting bagi umat Muslim. Karena sebagai manusia biasa, dan bukan Nabi, manusia tidak lepas dari salah dan dosa. Agar tetap bisa berkelanjutan beribadah perlu untuk saling mengingatkan, seperti halnya surat edaran tersebut bagian dari pengingat.

"Penyakit umat Islam itu kenapa tidak bisa bangkit, hanya satu, karena antara kita dengan yang lainnya saling cuek, tidak mau menjalankan perintah Allah agar manusia saling menyayangi dan mengasihi," kata Usmar.

Usmar menambahkan, masjid adalah tempat untuk menguatkan kembali kerukunan umat Islam. Dan bulan Ramadhan menjadi harapan untuk meningkatkan ibadah dengan sebaik-baiknya.  "Upaya kita tanpa lelah, menguatkan diri, keluarga, masyarakat, dan menguatkan bangsa di tembah kondisi yang memprihatinkan saat ini," kata Usmar.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement