Sabtu 12 May 2018 20:33 WIB

Kapal Ramadhan Siap Jangkau Pulau Terpencil Sumut

Kapal Ramadhan akan membagikan ratusan paket berisi bahan pokok.

Rep: Issha Harruma/ Red: Yudha Manggala P Putra
 ACT mendirikan posko kemanusiaan yang menampung berbagai bantuan kemanusiaan, Rabu (24/1).
Foto: dok. Istimewa
ACT mendirikan posko kemanusiaan yang menampung berbagai bantuan kemanusiaan, Rabu (24/1).

REPUBLIKA.CO.ID, MEDAN -- Kapal Ramadhan dari Aksi Cepat Tanggap (ACT) Sumut siap berlayar. Kapal kemanusiaan ini akan mendatangi pulau-pulau yang ada di lima kabupaten/kota di Sumut mulai 1 Ramadhan.

Kepala Cabang ACT Sumut, Ronio Romantika mengatakan, kapal tersebut akan menjangkau pulau-pulau terpencil. Dari lima kabupaten/kota yang direncanakan, baru tiga daerah yang sudah pasti akan didatangi, yakni Kepulauan Nias, Belawan di Medan dan Langkat.

"Nanti kita akan pakai kapal nelayan. Satu kapal menyambangi dua, tiga pulau. Berkeliling di pulau-pulau pesisir pantai," kata Ronio, Sabtu (12/5).

Ronio menjelaskan, Kapal Ramadhan itu akan membawa ratusan paket untuk dibagikan kepada warga yang membutuhkan. Paket tersebut berisi bahan pokok, seperti beras, gula, minyak, dan tepung. "Ini dibuat tiap pekan selama Ramadhan," ujar dia.

Kapal Ramadhan ini merupakan salah satu kegiatan dari program Beri Ramadhan Terbaik yang dibuat ACT. Selain Kapal Ramadhan, ACT juga akan menyediakan truk layanan makanan berbuka puasa gratis.

Truk ini akan mengelilingi Medan untuk membagikan makanan berbuka puasa kepada warga yang membutuhkan setiap hari. "Tahun lalu, kami bagi-bagi 500 paket makanan" kata Ronio.

Kegiatan unggulan ACT selama Ramadhan yang lain, yakni roadshow ulama asal Palestina. Ada sepuluh hingga 15 kabupaten/kota yang ditargetkan akan disambangi Sang Ulama.

"Bulan Ramadhan ini kesempatan untuk kita memberi yang terbaik. Kami butuh dukungan dari banyak pihak agar lebih banyak lagi yang bisa kita berikan untuk mereka yang membutuhkan," ujar Ronio.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement