Tuesday, 7 Sya'ban 1441 / 31 March 2020

Tuesday, 7 Sya'ban 1441 / 31 March 2020

Turki Restorasi Masjid-Masjid Bersejarah di Bulgaria

Sabtu 31 Mar 2018 09:07 WIB

Rep: Lida Puspaningtyas/ Red: Gita Amanda

Masjid Banya Bashi di Kota Sofia, Bulgaria

Masjid Banya Bashi di Kota Sofia, Bulgaria

Proyek miliaran dolar ini menyasar Masjid Ibrahim Pasha yang berusia 500 tahun.

REPUBLIKA.CO.ID, RAZGRAD -- Pemerintah Turki akan membantu restorasi masjid era Utsmaniyah di Bulgaria. Proyek miliaran dolar ini menyasar Masjid Ibrahim Pasha yang berusia 500 tahun. Masjid tersebut merupakan hasil karya arsitektur Utsmaniyah terbesar di negara Balkan yang masih berdiri.

Ia akan direnovasi besar-besaran dan dibuka kembali untuk publik. Masjid ini terletak di kota Razgrad. Bulgaria adalah rumah dari banyak masjid-masjid bersejarah Turki. Sejumlah bangunan ini sudah usang dan butuh restorasi di sana sini.

Dilansir TRT Worlds, Sabtu (31/3), total ada 27 masjid era Utsmaniyah di Bulgaria yang menunggu diperbaiki. Menara, dinding, pintu dan pondasi lainnya hampir hancur karena dimakan usia.

Saat ini, masjid-masjid tersebut terbengkalai dan tidak menjadi bagian publik. Dinding-dindingnya lapuk dan berdebu, bagian dalamnya usang dan berjamur. Masih tampak sedikit ornamen dan desain khas era terdahulu yang cacat sebagian.

Seorang penduduk, Ahmet Mahmut mengatakan dahulu masjid ini sempat dipelihara oleh lembaga amal. Namun kini ia terbengkalai. "Kita tidak bisa masuk, ini terlihat seperti penjara sekarang, penduduk pasti akan senang jika dibuka lagi," kata dia.

Menurut kontributor TRT Worlds, masjid itu sudah tidak terpakai hingga lebih dari 50 tahun. Gubernur Razgrad, Gunay Husman mengatakan dulunya masjid ini adalah jantung kota Razgrad dan dibangun pada 1516. "Jika sudah direstorasi, ia akan jadi museum dan bisa juga jadi tempat shalat dan pusat Islam," kata dia.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA