Ahad 11 Mar 2018 14:18 WIB

Pangeran Mohammed dan Uskup Agung Lihat Manuskrip Alquran

Penanggalan radiokarbon menemukan manuskrip itu setidaknya berusia 1.370 tahun.

Pangeran Mohammed dan Uskup Agung melihat fragmen-fragmen manuskrip Alquran yang ditemukan di perpustakaan Universitas Birmingham (Foto: arab news.com)
Foto: (Foto: arab news.com)
Pangeran Mohammed dan Uskup Agung melihat fragmen-fragmen manuskrip Alquran yang ditemukan di perpustakaan Universitas Birmingham (Foto: arab news.com)

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Pada hari kedua kunjungannya ke Inggris, Pangeran Mohammed bin Salman dan Uskup Agung Canterbury melihat-lihat fragmen manuskrip Alquran di perpustakaan Universitas Birmingham. Naskah Alquran, yang dianggap termasuk yang tertua di dunia, berasal dari abad ketujuh.

Dilansir dari Arab News, Jumat (8/3), manuskrip Alquran merupakan bagian dari kumpulan manuskrip Timur Tengah. Naskah tersebut berisi bagian-bagian surat ke 18 sampai 20 Alquran yang dikenal sebagai Surah Al-Kahfi, Surah Maryam dan Surah Taha. Manuskrip  itu ditulis dengan tinta di Hijazi, sebuah bentuk awal naskah Arab.

Didanai oleh dermawan Quaker Edward Cadbury, koleksinya diperoleh untuk meningkatkan status Birmingham sebagai pusat intelektual untuk studi agama dan menarik ilmuwan teologis terkemuka. Naskah itu ditemukan oleh seorang akademisi dan telah salah kaprah dengan dalil-manuskrip Alquran yang lebih baru. Itu tetap belum ditemukan di perpustakaan selama hampir satu abad.

Menurut BBC News, penanggalan radiokarbon menemukan manuskrip itu setidaknya berusia 1.370 tahun, membuatnya termasuk yang paling awal. Tes yang dilakukan oleh Unit Akselerator Radiocarbon Universitas Oxford, menunjukkan bahwa fragmen, yang ditulis pada kulit domba atau kambing, termasuk teks Quran yang paling tua yang masih ada.

Menurut tradisi Muslim, Nabi Muhammad SAW menerima wahyu yang membentuk Alquran antara tahun 610 dan 632, tahun wafatnya. Pada saat itu, pesan Ilahi tidak dikompilasi ke dalam bentuk buku yang tampak hari ini. Sebagai gantinya, Muslim awal menghafal wahyu dan bagian-bagiannya juga ditulis di atas perkamen, batu, daun kelapa dan tulang hewan. Bentuk akhir Alquran selesai dan ditetapkan di bawah arahan Utsman Khalifah ketiga, sekitar tahun 650.

Profesor David Thomas, Profesor Kekristenan dan Islam dan Nadir Dinshaw, Profesor Hubungan Antaragama di Universitas Birmingham, mengatakan: "Tes yang dilakukan pada perkamen folio Birmingham menghasilkan kemungkinan kuat bahwa hewan yang diambilnya adalah hidup selama masa hidup Nabi Muhammad SAW atau tak lama kemudian. Ini berarti bahwa bagian-bagian Alquran yang tertulis di perkamen ini bisa, dengan tingkat kepercayaan diri, diberi tanggal kurang dari dua dekade setelah wafat Muhammad.

sumber : arabnews.com
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement