Tuesday, 16 Safar 1441 / 15 October 2019

Tuesday, 16 Safar 1441 / 15 October 2019

Ustaz Somad: Perempuan Bercadar Menjaga Mata Kita Semua

Sabtu 10 Mar 2018 09:39 WIB

Rep: Febrian Fachri/ Red: Esthi Maharani

Ustaz Abdul Somad

Ustaz Abdul Somad

Foto: Republika/Putra M. Akbar
Ustaz Somad mendukung perempuan muslim untuk bercadar.

REPUBLIKA.CO.ID,  MEDAN- Ustaz Abdul Somad menyinggung persoalan larangan menggunakan cadar kepada mahasiswi di Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga di Yogyakarta yang sedang ramai diperbincangkan publik. Menurut Ustaz Somad, harusnya tidak ada aturan yang melarang muslimah bercadar. Karena perempuan bercadar tujuannya untuk menjaga pandangan orang lain terutama lawan jenis.

"Mereka bercadar untuk menjaga mata kita. Kalau ada seorang perempuan, cantik. Ketika dia lewat semua orang melihat. Sopir angkot bisa enggak lurus pandangannya ke jalan karena melihat perempuan cantik lewat. Coba kalau bercadar, aman semuanya," kata Ustaz Somad saat memberikan tausiah di Masjid Al Musannif, Kota Medan, Sabtu (10/3).

 

(Baca: UAD Targetkan Pendataan Mahasiswa Bercadar Segera Selesai)

Ustaz Somad mendukung perempuan muslim untuk bercadar. Hal itu akan ia lakukan terhadap sanak keluarganya dan mahasiswinya yang ingin bercadar. Karena menurut Dosen UIN Sultan Syarif Kasim itu, selain melindungi pandangan orang lain, cadar juga menjaga diri seorang perempuan dari dosa-dosa karena kecantikannya itu akan dimintai pertanggungjawaban oleh Allah SWT di akhirat kelak.

Alumni Universitas Al Azhar, Kairo, Mesir ini berharap tak ada lagi yang menghalang-halangi muslimah mengenakan cadar. Harusnya umat Islam malah membatasi kepada perempuan untuk menggunakan pakaian yang tidak sesuai dengan syariat Islam.

"Kenapa orang pakai rok mini tak ada yang marah. Orang pakai pakaan seksi tak ada yang marah. Itu karena apa? karena terbiasa melihat yang haram. mengkonsumsi yang haram. Jadi isi otak jadi haram semua," ujar Ustaz Somad.




BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA