Sabtu 10 Feb 2018 05:49 WIB

Kisah Para Korban Pembantaian Muslim Rohingnya

Pengungsi Muslim Rohingnya.
Foto:

Sampai saat ini, laporan tentang kekerasan terhadap Rohingya di negara bagian Rakhine hanya diberikan oleh para korbannya. Rekonstruksi Reuters menarik ketika untuk pertama kalinya dalam wawancara dengan penduduk desa Budha yang mengaku membakar rumah orang Rohingyadengan mengubur mayat dan membunuh orang-orang Muslim.

Liputan ini juga menandai pertama kalinya tentara dan polisi paramiliter terlibat dengan kesaksian dari petugas keamanan sendiri. Anggota polisi paramiliter memberi gambaran kepada sumber //Reuters// mengenai operasi tersebut untuk mengusir Rohingya dari Inn Din. Ini menjadi tanda untuk memastikan bahwa militer memainkan peran utama dalam kampanye tersebut.

 

photo
Salah satu foto isteri korban pembunuhan Muslim Rohingnya.

Keluarga pria yang dibunuh, yang sekarang berlindung di kamp pengungsi Bangladesh, mengidentifikasi korban melalui foto-foto yang ditunjukkan kepada mereka oleh Reuters. Orang-orang yang tewas adalah nelayan, penjaga toko, dua siswa remaja, dan seorang guru agama Islam.

Tiga foto, yang diberikan kepada Reuters oleh seorang tetua desa Buddha, menangkap momen penting dalam pembantaian di Inn Din, yakni dari peritiwa saat para tahanan pria Rohingya oleh tentara pada sore hari tanggal 1 September di eksekusi. Pembunuhan itu terjadu tidak lama setelah pukul 10.00 pagi pada tanggal 2 September lalu.

Dua foto - satu diambil pada hari pertama, yang lain pada hari pembunuhan - menunjukkan 10 tawanan berbaris berturut-turut dan berlutut. Foto terakhir menunjukkan tubuh pria yang luka berdarah menumpuk di kuburan dangkal.

Investigasi Reuters atas pembantaian Inn Din iniah apa yang mendorong polisi Myanmar untuk menangkap dua reporter kantor berita tersebut. Para wartawan, warga Myanmar, Wa Lone dan Kyaw Soe Oo, juga ditahan pada 12 Desember karena diduga mendapatkan dokumen rahasia yang berkaitan dengan Rakhine.

Wartawan Reuters yang ditangkap di Myanmar dibawa ke pengadilan. Kemudian, pada tanggal 10 Januari, militer mengeluarkan sebuah pernyataan yang mengkonfirmasi bagian dari apa yang Wa Lone, Kyaw Soe Oo, dan rekan mereka sedang bersiap untuk melapor dan mengakui bahwa 10 orang Rohingya dibantai di desa tersebut. Ini menegaskan bahwa penduduk desa Buddha menyerang beberapa pria dengan pedang dan tentara menembak orang-orang yang tewas.

Pernyataan tersebut bertepatan dengan sebuah aplikasi ke pengadilan oleh jaksa untuk menuntut Wa Lone dan Kyaw Soe Oo di bawah Undang-Undang Rahasia Resmi Myanmar, yang dimulai pada masa pemerintahan kolonial Inggris. Tuduhan tersebut membawa hukuman penjara maksimal 14 tahun.

Tapi versi militer dari peristiwa tersebut bertentangan dengan hal-hal penting oleh laporan yang diberikan kepada Reuters oleh para ilmuwan Rakhine Buddhist dan Rohingya Muslim.

Militer mengatakan 10 orang tersebut termasuk dalam kelompok 200 orang "teroris" yang menyerang pasukan keamanan. Tentara memutuskan untuk membunuh orang-orang tersebut, kata tentara, karena pertempuran sengit di daerah tersebut membuat mereka tidak mungkin memindahkan mereka ke tahanan polisi. Tentara mengatakan akan mengambil tindakan terhadap mereka yang terlibat.

Warga desa Budha yang diwawancarai karena artikel ini melaporkan tidak ada serangan oleh sejumlah besar gerilyawan terhadap pasukan keamanan di Inn Din.

Dan saksi Rohingya mengatakan kepada Reuters mengatakan bahwa tentara memilih 10 dari antara ratusan pria, wanita, dan anak-anak yang mencari keselamatan di pantai terdekat. Catatan wawancara dengan penduduk desa Buddha Rakhine, tentara, polisi paramiliter, Muslim Rohingya, dan administrator lokal mengungkapkan: Polisi militer dan paramiliter mengorganisir pemeluk agama Buddha. Penduduk di wilayah Inn Din dan setidaknya dua desa lainnya membakar rumah Rohingya. Dan lebih dari selusin penduduk desa Buddha yang mengatakannya.

Sebelas penduduk desa Buddha mengatakan bahwa umat Budha melakukan tindak kekerasan, termasuk pembunuhan. Pemerintah dan tentara telah berulang kali menyalahkan gerilyawan Rohingya atas desa-desa dan rumah-rumah yang terbakar. Perintah untuk "membersihkan" dusun Rohingya di Inn Din diturunkan dari gerombolan komando dari militer, kata tiga perwira polisi paramiliter yang tidak disebutkan namanya dan seorang perwira polisi keempat di sebuah unit intelijen di ibukota Sittwe.

"Pasukan keamanan mengenakan pakaian sipil untuk menghindari deteksi selama penggerebekan, "kata salah satu petugas polisi paramiliter. Beberapa anggota polisi paramiliter menjarah kekayaan Rohingya, termasuk sapi, dan sepeda motor untuk mereka jual, menurut administrator desa Maung Thein Chay dan salah satu petugas polisi paramiliter. Operasi di Inn Din dipimpin oleh Divisi Infanteri Terang Angkatan Darat ke-33, yang didukung oleh Batalyon Polisi Keamanan paramiliter 8, menurut empat petugas polisi, semuanya adalah anggota batalyon.

KASUS PIDANA KRIMINAL

Michael Karnavas, seorang pengacara AS yang berbasis di Den Haag yang telah menangani kasus-kasus di tribunal pidana internasional, mengatakan bukti bahwa militer telah mengorganisir warga sipil Budha untuk melakukan kekerasan terhadap Rohingya "akan menjadi hal yang paling dekat, Jadi nyala api senjata bukan hanya niat, tapi bahkan menjadi niat genosida yang spesifik, karena serangan tersebut tampaknya dirancang untuk menghancurkan Rohingya atau setidaknya bagian penting dari mereka.

 "Eksekusi eksekusi terhadap pria dalam tahanan pemerintah juga dapat digunakan untuk membangun kasus kejahatan terhadap kemanusiaan terhadap komandan militer," kata Karnavas. Hal itu jika dapat ditunjukkan bahwa ini adalah bagian dari serangan "meluas atau sistematis" yang menargetkan populasi Rohingya.

Kevin Jon Heller, seorang profesor hukum Universitas London yang bertugas sebagai associate legal untuk penjahat perang yang dihukum dan mantan pemimpin Serbia Bosnia Radovan Karadzic, mengatakan sebuah perintah untuk membersihkan desa-desa dengan komando militer adalah cara tegas tindakan kejahatan terhadap kemanusiaan yang pemindahan paksa.

"Pada bulan Desember, AS menjatuhkan sanksi kepada perwira militer yang telah bertanggung jawab atas Komando Barat tentara di Rakhine, Mayor Jenderal Maung Maung Soe. Sejauh ini, bagaimanapun, Myanmar tidak menghadapi sanksi internasional atas kekerasan tersebut. Pemimpi Mnyanmar Aung San Suu Kyi telah mengecewakan banyak mantan pendukungnya di Barat karena tidak berbicara menentang tindakan tentara tersebut. Padahal dulu mMereka berharap pemilihan partai Liga Nasional untuk Demokrasi pada tahun 2015 akan membawa reformasi demokratis dan sebuah pembukaan negara.

Para kritikus mengatakan, Suu Kyi sangat mendukung para jenderal yang membebaskannya dari tahanan rumah pada tahun 2010. Mengoemntari tentang bukti Reuters telah menemukan pembantaian tersebut, juru bicara pemerintah Zaw Htay mengatakan, "Kami tidak menolak tuduhan tentang pelanggaran hak asasi manusia. Dan kami tidak memberikan penyangkalan.Jika ada "bukti utama yang kuat dan dapat diandalkan tentang pelanggaran, maka pemerintah akan menyelidiki," katanya.

"Dan jika kita menemukan bukti itu benar dan pelanggarannya ada di sana, kita akan melakukan tindakan yang diperlukan sesuai dengan hukum yang ada, " ujarnya lagi.

Ketika diberitahu bahwa petugas polisi paramiliter telah mengatakan bahwa mereka menerima perintah untuk "membersihkan" dusun Rohingya di Inn Din, dia menjawab: "Kami harus melakukan verifikasi. Kami harus meminta kepada Kementerian Dalam Negeri dan pasukan polisi Myanmar."

Ditanya mengenai tuduhan penjarahan oleh petugas polisi paramiliter, dia mengatakan bahwa polisi akan melakukan penyelidikan. Dia menyatakan terkejut saat diberitahu bahwa penduduk desa Budha telah mengaku membakar rumah Rohingya. Dia  lalu menambahkan, "Kami menyadari bahwa banyak tuduhan berbeda ada di sana, tapi kami perlu memverifikasi siapa yang melakukannya. Sangat sulit dalam situasi saat ini." Zaw Htay membela operasi militer di Rakhine.

"Masyarakat internasional perlu memahami siapa yang melakukan serangan teroris pertama. Jika serangan teroris semacam itu terjadi di negara-negara Eropa, di Amerika Serikat, di London, New York, Washington, apa yang akan media katakan? katanya lagi.

                                                     ******

Inn Din terletak di antara pegunungan Mayu dan Teluk Benggala, sekitar 50 km utara ibukota negara bagian Rakhine, Sittwe. Di wilayah itu terdiri dari serentetan dusun yang sekolah, klinik, dan biara Budha. Rumah jamaah berkumpul di bagian utara desa.

Selama bertahun-tahun telah terjadi ketegangan antara umat Buddha dan tetangga Muslim mereka, yang menyumbang hampir 90 persen dari sekitar 7.000 orang di desa tersebut. Namun kedua komunitas tersebut telah berhasil hidup berdampingan dengan memancing bersama perairan pesisir, dan menanam padi di sawah.

Namun, pada bulan Oktober 2016, militan Rohingya menyerang tiga pos polisi. di Rakhine - sebagai awal pemberontakan baru. Setelah serangan tersebut, warga Rohingya di Inn Din mengatakan bahwa banyak umat Budha berhenti mempekerjakan mereka sebagai pembantu pertanian dan bantuan rumah. Umat ​​Buddha mengatakan Rohingya berhenti untuk bekerja.

Lalu pada 25 Agustus tahun lalu, pemberontak menyerang lagi, memukul 30 pos polisi dan menyerbu sebuah pangkalan militer. Serangan itu  hanya  beada 4 km ke utara wilayah Inn Dinn Din. Beberapa ratus umat Buddha yang ketakutan berlindung di sebuah biara yang berada di tengah desa.

Seorang warga yang sempat menadi pengintai atau mata-mata di Inn Din, San Art San, 36, mengatakan bahwa penduduk desa Budha takut "ditelan" oleh tetangga Muslim mereka. Seorang tetua Buddha mengatakan bahwa semua Rohingya, "termasuk anak-anak", adalah bagian dari pemberontakan dan oleh karena itu "teroris".

Pada 27 Agustus, sekitar 80 tentara dari Divisi Infantri Terang ke-33 Myanmar tiba di Inn Din. Penduduk desa Buddha berkata bahwa pasukan tersebut termasuk anggota infanteri ke-11 dari divisi ini. "Perwira militer yang bertanggung jawab memberi tahu penduduk desa bahwa mereka harus memasak untuk tentara dan bertindak sebagai pengintai di malam hari, kata Soe Chay, warga setempat.

Petugas tersebut berjanji bahwa pasukannya akan melindungi penduduk desa Buddha dari tetangga Rohingya mereka. Penduduk desa Budha mengatakan bahwa mereka pun dapat secara sukarela bergabung dalam operasi keamanan. Para sukarelawan muda akan meminta izin orang tua mereka untuk bergabung dengan tentara, namun tentara tersebut menemukan peserta yang bersedia di antara kelompok keamanan adalah Buddha di Inn Din.

 Sembilan anggota organisasi tersebut dan dua orang penduduk desa lainnya mengatakan, milisi informal ini dibentuk setelah terjadi kekerasan 2012 antara umat Buddha Rakhine dan Muslim Rohingya. Itu dipicu oleh laporan pemerkosaan dan pembunuhan seorang wanita Buddhis oleh tiga pria Muslim. Media Myanmar melaporkan pada saat ketiganya dijatuhi hukuman mati oleh pengadilan distrik.

Kelompok keamanan di Inn Din menaiki gubuk di sekitar bagian desa Buddha, dan anggotanya bergantian untuk berjaga-jaga. Mereka  termasuk pemadam kebakaran Budha, guru sekolah, siswa dan pemuda pengangguran. "Mereka berguna bagi militer karena mereka mengenal geografi setempat," kata administrator Buddhis Inn Din, Maung Thein Chay.

Sebagian besar dari 80 sampai 100 pria tersebut mempersenjatai diri dengan parang dan tongkat. "Mereka juga memiliki beberapa senjata," kata salah satu anggotanya. Beberapa mengenakan pakaian bergaya lusinan hijau yang mereka sebut "setelan baju milisi".

Selanjutnya, mereka menunggu hari-hari setelah kedatangan Pusakan Infantry ke-33 Mynmar. Tentara, polisi dan penduduk desa Budha kala itu membakari sebagian besar rumah Muslim Rohingya di Inn Din. Selusin penduduk Budha mengatakan -- dua orang petugas polisi paramiliter, keduanya anggota Batalyon Polisi Keamanan ke-8 -- mereka mengatakan bahwa batalion mereka menggerebek dusun Rohingya dengan tentara dari Infanteri ke 33 yang baru tiba itu.

Seorang petugas polisi mengatakan bahwa dia menerima perintah lisan dari komandannya untuk "pergi dan jelas itu "daerah tempat Rohingya tinggal",  untuk membakarnya. Petugas kepolisian kedua tersebut menggambarkan sebagian penggerebekan di desa-desa di sebelah utara Inn Din.

--------------

photo
Foto satelit ini berasal dari Planet Labs, menunjukkan wilayah Inn Din (Aan Daang ), Myanmar, pada 27 Agustus 2017 (kiri) dan pada 11 September 2017 (kanan). FOTO: REUTER

"Penggerebekan tersebut melibatkan setidaknya 20 tentara dan antara lima dan tujuh polisi," katanya seraya menyatakan ada seorang kapten militer atau mayor yang memimpin tentara tersebut, dan sementara seorang kapten polisi mengawasi tim polisi. Tujuan penggerebekan tersebut adalah untuk mencegah Rohingya kembali. "Jika mereka memiliki tempat tinggal, jika mereka memiliki makanan untuk dimakan, mereka dapat melakukan lebih banyak serangan," katanya. "Itulah mengapa kami membakar rumah mereka, terutama untuk alasan keamanan."

Prajurit dan polisi paramiliter mengenakan kaos dan celana pendek sipil untuk berbaur dengan penduduk desa. Hal itu dikatakan menurut petugas polisi dan administrator Buddhis Inn Din, Maung Thein Chay. Mengenai keterlibatan petugas keamanan, petugas polisi menjelaskan, "Kami akan memiliki masalah yang sangat besar." Seorang juru bicara polisi, Kolonel Myo Thu Soe, mengatakan bahwa dia mengetahui tidak ada contoh pasukan keamanan yang membakar desa atau mengenakan pakaian sipil. Juga tidak ada perintah untuk "pergi dan membersihkan" atau "membakar" desa-desa.

"Ini sangat tidak mungkin," katanya kepada Reuters. "Jika ada hal seperti itu, harus dilaporkan secara resmi, dan harus diselidiki secara resmi.Seperti yang telah Anda ceritakan tentang masalah ini sekarang, kami akan memeriksa dan memeriksa kembali," tambahnya.

"Yang ingin saya katakan untuk saat ini adalah bahwa untuk pasukan keamanan, ada perintah dan instruksi dan manajemen langkah demi langkah, dan mereka harus mengikuti mereka. Jadi, saya tidak berpikir hal-hal ini terjadi." ujarnya lagi.

Asisten medis di klinik desa Inn Din, Aung Myat Tun, 20, mengatakan bahwa dia mengambil bagian dalam beberapa penggerebekan. "Rumah-rumah Muslim mudah terbakar karena atap jerami. Para tetua desa mengenakan jubah para biksu dengan memakai ujung tongkat untuk membuat obor dan merendamnya dengan minyak tanah. Kami tidak dapat membawa telepon. Polisi mengatakan mereka akan menembak dan membunuh kita jika mereka melihat kita mengambil foto.

"Penjaga malam San Thein, seorang anggota kelompok keamanan desa, mengatakan bahwa pasukan pertama-tama menyapu dusun-dusun Muslim. Kemudian, militer mengirim penduduk desa Buddha untuk membakar rumah-rumah. Kami membeli minyak tanah secara gratis dari pasar desa setelah mereka melarikan diri," kata seorang warga dengan menggunakan slayer Myanmar untuk menandai orang-orang dari Asia Selatan.

                                           *******

Seorang pemuda Budha Rakhine mengatakan bahwa dia merasa mendengar suara anak di dalam satu rumah Rohingya yang terbakar. Seorang warga desa kedua mengatakan bahwa dia ikut membakar rumah Rohingya yang diduduki.

"Saya memulai menghancurkannya dengan pedang,"  kata Soe Chay, pensiunan tentara yang menggali kuburan untuk 10 orang Rohingya itu. Dia mengataka kepada Reuters bahwa tentara menemukan tiga pria Rohingya dan seorang wanita yang bersembunyi di samping tumpukan jerami di Inn Din pada 28 Agustus. Salah seorang dari mereka memiliki sebuah smartphone yang bisa digunakan untuk mengambil gambar yang memberatkan.

Para prajurit telah mengatakan kepada Soe Chay untuk melakukan apapun yang Anda inginkan kepada mereka. Maka tentara menunjukkan pria itu yang punya telepon dan menyuruhnya berdiri. "Saya mulai mengulitinya dengan pedang, dan seorang tentara menembaknya saat dia terjatuh."

 Kekerasan serupa terjadi di sebagian besar Rakhine utara. Puluhan warga Buddhis dan Rohingya mengatakan mengetahu data dari Program Aplikasi Satelit Operasional PBB yang menunjukkan sejumlah desa Rohingya di negara bagian Rakhine terbakar. Wilayah itu membentang membentang 110 km.

Human Rights Watch yang berbasis di New York mengatakan bahwa lebih dari 350 desa dibakar selama tiga bulan mulai 25 Agustus. Ini didasarkan pada  sebuah analisis citra satelit. Di desa Laungdon, sekitar 65 km sebelah utara Inn Din, seorangg warga bernama Thar Nge, 38, mengatakan bahwa dia diminta oleh polisi dan pejabat setempat untuk bergabung dengan kelompok keamanan Buddhis.

"Angkatan bersenjata mengundang kami untuk membakar desa Kalar di Hpaw Ti Kaung," katanya seraya menambahkan bahwa empat penduduk desa dan hampir 20 tentara dan polisi terlibat dalam operasi tersebut.

"Polisi menembak ke dalam desa sehingga semua penduduk desa melarikan diri dan kemudian kami menembakinya. Kamp mereka dibakar karena polisi percaya bahwa penduduk desa mendukung militan Rohingya. Itulah sebabnya mereka membersihkannya dengan api. " lanjutnya.

Seorang siswa Buddhis dari desa Ta Man Tha, 15 km sebelah utara Laungdon, mengatakan bahwa dia juga berpartisipasi dalam pembakaran rumah Rohingya. "Seorang perwira militer meminta 30 sukarelawan untuk membakar desa "Kalar", kata siswa tersebut. Hampir 50 orang sukarela dan mengumpulkan bahan bakar dari sepeda motor dan dari sebuah pasar.

"Mereka memisahkan kami ke dalam beberapa kelompok, kami tidak diijinkan masuk desa secara langsung. Kami harus mengitarinya dan mendekati desa seperti itu, tentara akan menembak tembakan di depan kami, kemudian tentara meminta kami untuk masuk, "katanya.

Setelah Rohingya melarikan diri ke Inn Din, penduduk desa Budha mengambil harta milik mereka, termasuk ayam dan kambing. Ini dikatakan penduduk Budha kepada Reuters. Tapi barang yang paling berharga, kebanyakan sepeda motor dan ternak, dikumpulkan oleh anggota Batalyon Polisi Keamanan ke 8 dan dijual, kata petugas polisi pertama dan administrator desa Inn Din Maung Thein Chay.

Dia mengatakan komandan Batalyon ke-8, Thant Zin Oo, membuat kesepakatan dengan pengusaha Buddhis dari negara bagian Rakhine lainnya dan menjual ternak mereka. Perwira polisi tersebut mengatakan bahwa dia telah mencuri empat ekor sapi dari penduduk desa Rohingya, tapi untuk Thant Zin Oo untuk merebut mereka. Ketika dihubungi melalui telepon, Thant Zin Oo tidak mau berkomentar. Kolonel Myo Thu Soe, juru bicara kepolisian, mengatakan bahwa polisi akan menyelidiki tuduhan penjarahan tersebut.

sumber : straittimes.com
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement