Jumat 09 Feb 2018 16:25 WIB

Para Ahli Menulis Surat

Mereka pandai menulis dengan tingkat keindahan bahasa yang tinggi

Rep: Ani Nursalikah/ Red: Agung Sasongko
Ilmuwan Muslim.
Foto: Metaexistence.org
Ilmuwan Muslim.

REPUBLIKA.CO.ID,  JAKARTA -- Ibrahim ibn Mahdi adalah seorang gubernur dari Dinasti Abbasiyah. Di samping sebagai ahli menulis surat dengan tingkat keindahan bahasa yang tinggi, ia juga dikenal sebagai penyair, ahli musik, penulis buku humaniora, kedokteran, seni memasak, dan menyanyi.

Sebenarnya, cukup banyak para ahli menulis surat. Di antara sekian banyak, ada empat yang cukup penting. Mereka berasal dari periode dua kesultanan besar di Suriah dan Mesir.

Keempat orang ini adalah al- Wahrani, al-Qadhi al-Fadhil al- Baysani, Imad al-Din al-Katib al- Isfahani, dan Dhiya al-Din ibn al-Atsir. Mereka adalah ahli menulis surat dengan gaya bahasa yang sangat indah dan orisinalitas yang tidak tertandingi oleh pakar lain.

Al-Wahrani datang ke Mesir untuk mengadu nasib. Namun, harapannya pupus karena sudah didahului pakar menulis surat, yakni al- Qadhi dan Imad al-Din. Ia kemudian menggeluti cerita komik dan menuai sukses. Ia juga tidak meninggalkan kegemarannya menulis surat.

Al-Qadhi adalah sekretaris utama Salahuddin Agung yang termasyhur. Ia juga menjabat sebagai kepala kantor arsip negara. Al-Qadhi terkenal karena gaya penulisannya yang khas. Sayang, karyanya tercecer dan tidak lengkap.

Imad al-Din yang juga sahabat al- Qadhi memiliki gaya khas dalam menulis surat karena disusun dalam bentuk prosa liris yang sedang digandrungi saat itu. Gaya penulisan ini juga tampak dalam karya sejarah yang ia tulis.

Dhiya al-Din mulai bekerja pada kantor arsip negara saat pemerintahan Salahuddin. Ia adalah pengarang beberapa karya kajian humaniora. Bukunya, al-Matsal al Sa’ir, adalah sebuah buku pedoman untuk melatih calon sastrawan untuk menggubah syair dan prosa.

(Baca: Tradisi Surat-Menyurat dalam Islam)

(Baca Juga: Struktur Surat dalam Peradaban Islam)

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement