Thursday, 17 Rabiul Awwal 1441 / 14 November 2019

Thursday, 17 Rabiul Awwal 1441 / 14 November 2019

Baznas Beri Layanan Kesehatan untuk Korban Banjir

Selasa 06 Feb 2018 11:49 WIB

Rep: Fuji E Permana/ Red: Dwi Murdaningsih

Warga menerobos banjir di kawasan Cililitan, Jakarta, Senin (5/2) malam. Banjir yang merendam kawasan tersebut akibat luapan Kali Ciliwung yang merupakan kiriman dari Bendung Katulampa, Bogor.

Warga menerobos banjir di kawasan Cililitan, Jakarta, Senin (5/2) malam. Banjir yang merendam kawasan tersebut akibat luapan Kali Ciliwung yang merupakan kiriman dari Bendung Katulampa, Bogor.

Foto: Republika/Mahmud Muhyidin
Ribuan orang terdampak banjir yang terjadi pada Senin (5/1) sampai Selasa (6/1) .

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Direktur Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Tanggap Bencana (BTB), Ahmad Fikri mengatakan, ribuan orang terkena dampak banjir yang terjadi pada Senin (5/1) sampai Selasa (6/1) dini hari di Kalibata dan Kampung Melayu, Jakarta. Baznas menerjunkan delapan dokter untuk memberikan layanan kesehatan di dua lokasi pengungsian korban terdampak banjir.

Fikri mengatakan, Baznas Tanggap Bencana sudah melakukan evakuasi pada Senin (5/1) pukul 10.00 WIB sampai Selasa (6/1) pukul 03.00 WIB. Sekitar 100 orang korban terdampak banjir dievakuasi oleh 12 rescuer, empat tim support dan delapan relawan dari Baznas. Banjir setinggi paha orang dewasa tapi arusnya cukup deras sehingga harus dilakukan evakuasi.

"Warga dievakuasi dari rumahnya yang tergenang air ke lokasi yang aman, kita semalam mengevakuasi sekitar 100 orang," kata Fikri kepada Republika.co.id, Selasa (6/1).

Ia menerangkan, warga yang dievakuasi ditempatkan di lantai 4 Kampus Binawan, Jalan Raya Kalibata, Cawang dan Gor Otista, Kampung Melayu, Jatinegara, Jakarta Timur. Sejak malam Baznas sudah menyiapkan air panas dan alat pemanas air. Serta memberikan logistik berupa kopi, susu, teh, gula dan makan malam.

Ia menginformasikan, Baznas juga menerjunkan delapan Dokter ke pengungsian di Kampus Binawan dan Gor Otista. Sampai pagi ini, dapur air (dapur umum) Baznas masih beroperasi di Kampus Binawan. Semalam jumlah pengungsi di Kampus Binawan sekitar 200 orang. Sebagian sudah kembali ke rumah untuk membersihkan rumah.

"Siang ini Baznas akan mendistribusikan 100 paket makanan siap saji, 1.000 paket hygiene kits, 1.000 paket baby kits, dan 500 paket alat-alat kebersihan jika dapat barangnya," ujarnya.


BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA