Senin 22 Jan 2018 13:18 WIB

Learn Quran Tafsir Permudah Umat Islam Belajar Tafsir

Learn Quran Tafsir dapat diakses di mana pun.

Quran Tafsir Alquran
Foto: Istimewa
Quran Tafsir Alquran

REPUBLIKA.CO.ID,  JAKARTA  -- Sukses dengan aplikasi pertamanya, yaitu Learn Quran Tajwid , Learn Quran kini meluncurkan sebuah mesin pencari Quran berbahasa Indonesia yang diberi nama Learn Quran Tafsir. Startup Muslim asal Depok ini melakukan inovasi pembelajaran Quran untuk menjawab tantangan zaman yang saat ini sudah semakin serba cepat.

Learn Quran Tafsir dapat diakses bebas melalui smartphone, tablet, maupun PC melalui tautan tafsir.learn-quran.co. Pengguna dapat mencari kosa kata, topik, maupun ayat-ayat tertentu di dalam Quran.

Hanya dalam sepersekian detik akan muncul hasil pencarian dari jutaan kata-kata dalam Quran dan tafsirnya, sebagaimana cara kerja Google. Uniknya, mesin pencari Quran ini sudah mulai sedikit demi sedikit menerapkan teknologi Artificial Intelligence.

Pembuatan Learn Quran Tafsir dilakukan oleh sebuah tim kecil berjumlah empat orang, Mohammad Sani, Denny Yusuf, Himmatul Aliyah, dan Asma Nabila, serta ditambah dua orang penasihat.

Penasihat di bidang teknologi adalah Alham Fikri Aji, ahli Artificial Intelligence lulusan University of Edinburgh yang pernah bekerja di Apple dan Google, serta seorang ustaz muda lulusan LIPIA, Nur Fajri Romadhon, Lc. sebagai penasihat konten tafsir.

Proses pengembangannya menghabiskan waktu enam bulan, yakni sejak pertengahan tahun 2017. Kehadiran Learn Quran Tafsir ini diharapkan dapat menjadi sebuah angin segar bagi 228 juta penduduk Muslim Indonesia. Selama ini, buku-buku tafsir yang beredar masih berwujud fisik dan tidak semua Muslim dapat mengaksesnya dengan mudah.

“Learn Quran Tafsir adalah produk luar biasa. Insya Allah dengan alat ini Anda bisa dengan mudah mendapat penjelasan tafsir klasik maupun modern,” kata Ustaz Dr. Amir Faishol Fath, seorang ahli tafsir Quran, dalam siaran persnya.

CEO Learn Quran, Mohammad Sani, mengungkapkan, “Learn Quran Tafsir ini akan menjadi mesin pencari Quran terbaik dan terlengkap di dunia. Kami akan terus mengembangkan alat belajar Quran terbaik melalui inovasi teknologi.” Learn Quran Tafsir ini juga akan memiliki versi Bahasa Inggris dalam waktu dekat agar dapat diakses oleh lebih banyak pengguna.

Jumlah penduduk Muslim dunia diperkirakan akan terus tumbuh hingga menjadi agama terbesar di dunia pada 2070 menurut Pew Research. Indonesia dengan jumlah muslim terbesar di dunia saat ini tentu diharapkan bisa menyumbangkan inovasi untuk warga muslim dunia. Oleh karena itu, Learn Quran akan terus mewujudkan misinya sebagai solusi belajar Quran terbaik di dunia lewat teknologi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement