Rabu 17 Jan 2018 09:25 WIB

Menyesali Penurunan Iman

Shalat fardhu berjamaah di masjid.
Foto: Irwan Kelana/Republika
Shalat fardhu berjamaah di masjid.

REPUBLIKA.CO.ID, Oleh Dr Mudzakkir M Arif Lc, MA

Allah berfirman dalam Surat Al-Qiyamah (75) ayat 2, “Dan aku bersumpah demi jiwa yang selalu menyesali (dirinya sendiri).”

Fluktuasi iman itu adalah bagian dari realitas keseharian kebanyakan kita. Naik-turunnya iman sesungguhnya merupakan kewajaran jika naiknya melejit dan turunnya tidak meluncur.

Fluktuasi iman ini penting dan prioritas untuk kita rasakan, agar naiknya iman sangat membahagiakan kita; dan turunnya iman benar benar sangat menyedihkan kita.

Merasakan naik-turunnya iman ini memerlukan kesadaran imani, sensitivitas jiwa, serta efektivitas amal ibadah.

Sungguh masih banyak saudara kita yang tidak menyesal jika tidak shalat fardhu di masjid, tanpa halangan.

Lebih banyak lagi saudara kita yang tidak menyesal kalau tidak shalat sunnah rawatib, tidak shalat Dhuha, tidak shalat Tahajjud.

Lebih banyak lagi saudara kita yang tidak menyesal karena tidak mengamalkan zikir pagi dan sore. Bahkan banyak sekali saudara kita yang belum mengetahui apa itu zikir pagi dan sore.

Masih banyak saudara kita yang tidak menyesal kalau tidak membaca Alquran  sepanjang siang, sepanjang malam. Bahkan masih sangat banyak saudara kita yang belum mengetahui pentingnya membaca Surah As-Sajadah dan Surah Al-Mulk setiap malam, ditambah dengan Surah Al-Kahfi pada setiap malam Jumat dan hari Jum'at.

Selain menyesali amal ibadah yang ditinggalkan, kita juga mesti menyesali dosa-dosa yang kita perbuat, seperti dosa dosa mata, dosa dosa telinga, dosa dosa mulut, dosa dosa tangan dan kaki, dosa dosa berpakaian, dosa dosa dalam mencari nafkah, dosa dosa politik, dosa dosa medsos, dosa tidak bernasehat, dosa bosan berda'wah, dan lain-lain.

Penyesalan  imani itu hanyalah efektif  jika benar benar melejitkan peningkatan iman dan mencegah penurunan iman yang bersifat drastis.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement