Selasa 09 Jan 2018 17:40 WIB

Khasiat Minum Urine Unta Secara Ilmiah

Rep: Novita Intan/ Red: Esthi Maharani
Sejumlah unta dijajar oleh pemiliknya untuk mengikuti kontes kecantikan di Dubai, Uni Emirat Arab
Foto: Top News
Sejumlah unta dijajar oleh pemiliknya untuk mengikuti kontes kecantikan di Dubai, Uni Emirat Arab

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA - Beberapa hari belakangan sosial media geger akan video yang diunggah oleh Ketua Gerakan Nasional Pengawal Fatwa Majelis Ulama Indonesia (GNPF MUI), Bachtiar Nasir.

Saat berkunjung ke Arab Saudi, tepatnya di peternakan unta di Hudaibiyah Mekkah, Arab Saudi, ia membuat video sedang meminum urine unta yang telah dicampur dengan susu. Hal itu pun diunggah ke Instagram pribadinya.

Menanggapi hal itu, Direktur Halal Centre Fakultas Peternakan UGM Yogjakarta, Nanung Danar Dono menyakini meminum urine unta tidak menimbulkan bahaya.

"Meminum air seni atau urine unta itu tidak berbahaya. Selama ini orang menganggap urine unta itu seperti urine kerbau, sapi bahkan manusia, padahal itu tidak sama sekali," ujarnya kepada Republika.co.id, Jakarta, Selasa (9/1).

Menurutnya, ada khasiat jika seseorang meminum urine unta. Salah satunya, bisa menyembuhkan penyakit mematikan, seperti kanker.

"Urine unta tidak beracun, ketika orang minum itu tidak akan mati. Ada efek antikanker pada urine unta, jadi terdapat sel yang bisa menghambat pertumbuhan sel kanker," ucapnya.

Ia menjelaskan, merujuk Journal of Biological Chemistry Bernard Read (1925) urin unta tidak mengandung Amonea maupun Urea, di mana kandungan garam mineral 10 kali urine manusia dengan pH lebih 7,8. Kemudian, urine unta memiliki efek antikanker, berdasarkan Journal of Ethnopharmacology dan urine unta memiliki antibiotik alami berdasarkan Sudan Journal of Veterinary Research dan African Journal of Agricultural Research.

"Urine unta ada efek antibiotik, beberapa penyebab bakteri di dalam manusia bisa mematikan senyawa di dalam urine unta. Racunnya berkurang maka bisa mencegah diare, tipes dll. Semua umur bisa meminum urine unta, setengah gelas dua hari sekali kalau dosis tidak tahu persis," ungkapnya.

Seperti diketahui, persoalan fikih ini menjadi perbincangan hangat di Indonesia setelah Ustaz Bachtiar Nasir meminum air kencing unta dalam sebuah video yang diambil di Hudaibiyah Camel Farm, Makkah, Arab Saudi.

Video tersebut diunggah di akun Instagram @bachtiarnasir pada Rabu (3/1) lalu. Dalam video tersebut Ustaz Bachtiar Nasir menyebutkan, botol berisi air kencing unta itu mengandung obat. Sebelum meminumnya, Ustaz Bachtiar mencampurnya dengan air susu unta.

Ustaz Bachtiar mengatakan, minuman tersebut berkhasiat untuk menyembuhkan kanker dan baik untuk pencernaan. "Rasanya agak-agak pahit-pahit sedikit," kata Ustaz Bachtiar Nasir dalam video tersebut.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement