Ahad 07 Jan 2018 13:37 WIB

Rumah Zakat Ajak Masyarakat Ubah Perlakukan Sampah

  Rumah Zakat Ajak Masyarakat Ubah Perlakukan Sampah
Rumah Zakat Ajak Masyarakat Ubah Perlakukan Sampah

REPUBLIKA.CO.ID,TEGAL--Perubahan hidup dari satu kondisi  menuju ke kondisi yang lain niscaya akan hadir manakala kesadaran telah tumbuh di hati para pemiliknya. Begitu pula upaya Fasilitator Rumah Zakat membangun masyarakat Dukuh Gayam dalam rangka mengubah perlakuan terhadap sampah. Yaitu membangun kesadaran bahwa sampah bisa menghasilkan.

Setelah beberapa hari terakhir, Miskatun Nuroniah selaku fasilitator Rumah Zakat di Desa Banjaranyar  Desa Banjaranyar Kecamatan Balapulang, Tegal, Jawa tengah, mensosialisasikan potensi ekonomi yang terdapat dalam sampah kepada masyarakat. ''Perlahan namun pasti, terlihat ada perubahan sikap masyarakat terhadap sampah. Jika sebelumnya, masyarakat menilai sampah hanya barang tak berguna sehingga dengan mudah membuangnya ke mana saja mereka kehendaki, kini masyarakat mulai memilah sampah-sampah rumah tangga yang mereka hasilkan,'' ujar Miskatun dalam siaran pers Rumah Zakat yang diterima Republika, Ahad (7/1).

Selepas agenda PBA (Pemberantasan Buta Aksara), masyarakat setempatsatu per satu berjalan menuju rumah Ibu Toti untuk nabung di Bank Sampah "Bersih Mandiri" Desa Banjaranyar Kecamatan Balapulang, Tegal, Jawa tengah. ''Alhamdulillah, dibanding pekan kemarin masyarakat yang nabung kian bertambah Mbak,''ungkap Ibu Toti Kader Bank Sampah kepada fasilitator Rumah Zakat.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement