Kamis 28 Dec 2017 16:15 WIB

Masjid Malik Saud Miliki Fasilitas Pendidikan untuk Umum

Masjid Malik Saud, Jeddah.
Foto: Blogspot.com
Masjid Malik Saud, Jeddah.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Di bagian dalam Masjid Raja Saudi. Dominasi warna putih-krem tampak kontras namun indah dengan warna permadani yang menghampar di lantai ruang tempat shalat. Permadani itu menampilkan ornamen dengan motif tetumbuhan--sesuatu yang mengingatkan pengunjung pada corak arsitektur Persia.

Keindahan ini tampak cemerlang dengan tata cahaya yang sumber utamanya adalah lampu gantung. Bertaut dengan langit-langit kubah utama, lampu tersebut terdiri atas dua lingkaran besar dan kecil. Bila diper hatikan baik-baik, lampu gantung itu tampak berotasi, berputar pada sumbunya, secara pelan- pelan. Benda serupa tetapi berukuran lebih kecil juga tersebar merata pada seluruh langit-langit ruang tempat shalat di masjid ini.

Masjid Malik Saud ini dilengkapi dengan pelbagai fasilitas pendidikan Islami untuk umum. Diantaranya adalah perpustakaan publik dengan koleksi yang banyak dan variatif. Selain itu, ada pula madrasah yang diselenggarakan untuk anak-anak dan remaja. Setiap hari Jumat, terdapat majelis-majelis ilmu agama Islam dan ceramah di masjid ini.

Letak Masjid Raya Saudi cukup strategis. Ia hanya 15 menit dari pelabuhan Jeddah Islamic Seaport. Kemudian, hanya perlu waktu kurang dari satu jam untuk mencapai Masjid al-Haram di Makkah. Pengelolaan masjid ini berada langsung di bawah pemerintahan pusat lantaran fungsinya sebagai masjid resmi kenegaraan. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement