Selasa 05 Dec 2017 17:45 WIB

Ajaran Islam Menarik Hati Penduduk Pribumi Peru

Rep: mg02/ Red: Agung Sasongko
Muslim Peru saat melaksanakan saat berjamaah.
Foto: ihh.org
Muslim Peru saat melaksanakan saat berjamaah.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA --  Islam juga sempat menarik hati penduduk pribumi suku Indian Peru. Di beberapa tempat, seperti di pinggiran kota Lima dan kawasan Villa el Savador, sudah mulai terbentuk komunitas Muslim yang meru- pakan penduduk asli.

Di beberapa negara lain, agama Islam memang hanya dianut oleh sekian ratus ribu penduduk. Mereka terdiri atas imigran asal Timur Tengah, Afrika, atau Asia Barat, serta penduduk lokal yang menjadi mualaf.Namun, dari waktu ke waktu, jumlah warga Muslim terus bertambah dan Islam berkem- bang pesat.

Perkembangan Islam di Peru yang cukup pesat membuat sejumlah masjid mulai bertebaran. Di Tacna, misalnya, sebuah kota yang berada di bagian selatan Peru dan berbatasan langsung dengan negara Cile, merupakan salah satu kota yang sudah memiliki masjid cukup megah. Masjid ini se- lesai dibangun secara keseluruhan pada 2008 lalu, kemudian dikelola oleh Muslim migran dari Pakistan.

Dikutip dari Islamicbulletin, masjid yang dikenal dengan nama Babul Islam Kota Tacna ini menjadi masjid megah nan indah pertama yang didirikan di Peru. Bangunan masjid lengkap dengan kubah dan menaranya menjadi salah satu landmark bagi Kota Tacna. (mg02, ed: erdy nasrul)

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement