Rabu 22 Nov 2017 16:45 WIB

Geliat Pembangunan di Bawah Sang Pembebas

Masjid Sultan Eyüp  Masjid ini terletak di distrik Eyüp di sisi Eropa di kota Istanbul, dekat Golden Horn, di luar Benteng Konstantinopel. Dibangun pada 1458, itu adalah masjid pertama yang dibangun oleh Turki Ottoman setelah penaklukan Konstantinopel pada
Foto: .
Masjid Sultan Eyüp Masjid ini terletak di distrik Eyüp di sisi Eropa di kota Istanbul, dekat Golden Horn, di luar Benteng Konstantinopel. Dibangun pada 1458, itu adalah masjid pertama yang dibangun oleh Turki Ottoman setelah penaklukan Konstantinopel pada

REPUBLIKA.CO.ID,  JAKARTA -- Oleh Hasanul Rizqa

Dalam sejarah Islam, nama Sultan Mehmet II harum sebagai pahlawan pembebas. Ihwal jatuhnya ibu kota Kekaisaran Byzantium itu pada 1453 M ke tangan Islam sebenarnya sudah diramalkan dalam beberapa hadis Nabi SAW.

John Hoag dalam Islamic Architecture (1975), menjelaskan, sesudah penaklukkan tersebut, Istanbul yang porak poranda tidak langsung menjadi pusat pemerintahan Sultan Mehmet II.

Sebagai informasi, dalam kekuasaan Kekaisaran Byzantium, Konstantinopel merupakan kota yang dikelilingi tembok kokoh. Baru di masa Kesultanan Ottoman, kota ini dibenahi menjadi kota terbuka melalui desain arsitek Sinan.

Manuskrip yang ditulis Matraki (1537 M) untuk Sultan Suleyman Agung menggambarkan dengan cukup detil transformasi Konstantinopel sejak diperintah Sultan Mehmet II.

Tidak hanya pembangunan Masjid Fatih Cemi. Eski Saray (Istana Tua), misalnya, juga disebutkan dalam manuskrip tersebut. Istana yang berlokasi di tanah berkeliling pagar itu mulai dibenahi atas perintah  Sultan Mehmet II pada 1454.

Kemudian, pada musim dingin 1464, konstruksi Yeni Saray (Istana Baru) selesai dan menjadi tempat tinggal Sultan Mehmet II. Istana Baru berdekatan dengan Hagia Sophia dan berbatasan dengan Bab-i-Humayun (Jembatan Kerajaan).

Manuskrip Matraki juga memerinci kebijakan pertahanan Sultan Mehmet II. Al-Fatih memerintahkan pendirian lima menara di sekitar Jembatan Emas Byzantium. Kompleks itu kelak bernama Yedi Kule (Tujuh Menara).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement