Kamis 19 Oct 2017 03:13 WIB

Kiprah Muslim dalam Industri Hiburan AS

Rep: Taufik Alamsyan Nanda/ Red: Agus Yulianto
Aktris Tala Ashle memerankan karakter superhero muslim di serial terbaru DC.
Foto: AP
Janet Jackson

Janet Jackson

Anggota termuda keluarga Jackson ini telah menjadi ikon budaya pop selama beberapa dekade. Dia telah menjual lebih dari 160 juta rekaman dan memenangkan lima Grammy untuk katalog hitsnya, termasuk "Nasty," "That's the Way Love Goes," dan "AllFor You."

Jackson masuk Islam pada tahun2015, hanya beberapa tahun setelah menikahi miliarder Muslim Wissam Al Mana. Setelah menganut agamanya sekarang, ia mulai meninggalkan simbol simbol yang bertentangan dengan islam di dalam kostum dan lirik lagunya.

Iman

Iman Mohamed Abdulmajid merupakan seorang model, pengusaha dan aktris Somalia-Amerika yang nama popular sebagai Iman. Nama panggungnya tersebut secara harfiah berarti "keyakinan" dalam bahasa Arab.

Dalam memoarnya pada tahun 2001,"I Am Iman," mantan super model tersebut berbicara tentang kesulitan menjadi seorang Muslim di industri fesyen. "Somalia adalah negara Muslim moderat, namun agama saya menentukan bahwa ini bukan sebuah profesi yang harussaya lakukan, ujarnya. Namun di halaman penutup buku ia mengungkapkan sebuah kalimat pertobatan dalam iman yang ia yakini : Semoga Allah mengasihani jiwaku jika saya telah berdosa.

Dr. Oz

Dr. Mehmet Oz adalah seorang ahli bedah kardiotoraks yang terkenal di Rumah Sakit Presbyterian New York. Ia juga merupakan penulis dan pembawa acara kesehatan dan kebugaran di televisi yang cukup populer, "The Dr Oz Show."

Dalam sebuah wawancara dengan PBS'Faces of America,' Dr. Oz menjelaskan bahwa ayahnya merupakan seorang muslim Turki yang taat dan ibunya adalah seorang Turki sekuler. "Anda tahu, saya telah banyak berjuang dengan identitas Muslim saya," jelasnya. "Sebagaiseorang Turki, tumbuh di Amerika dengan satu orang tua dari satu sisi yang taat pada agama dan satu orang tua dari sisi lain, dan tentu saja Amerika jelas mendukung latar belakang sekuler, saya mendapati diri saya semakin tertarik pada sisi spiritual agama, dibandingkan hukum formal agama."

Kareem Abdul-Jabbar

Kareem adalah pemain basket legendaris dari klub Lakers dan pencetak poin terbanyak NBA.  Abdul-Jabbar lahir di New York dan dibesarkan sebgai Katolik Roma. Pada usia 24 tahun, dia masuk Islam dan mengganti namanya menjadi yang sekarang kita kenal.

Ia adalah seorang pendukung vokal atas kepercayaannya sejak saat itu, Abdul-Jabbar berbicara tentang ketegangan beragama di Amerika, dalam sebuah wawancara dengan NPR tahun 2015: "Saya tidak memiliki kekhawatir terhadap iman saya. Saya sangat prihatin dengan orang-orang yang mengaku sebagai muslim yang membunuh orang dan menciptakan semua kekacauan ini di dunia. Itu bukan tentang Islam, dan seharusnya tidak seperti yang dipikirkan orang saat mereka memikirkan Muslim. Tapi terserah kita semua untuk melakukan sesuatu tentang semua itu. "

Q-Tip

Penyanyi rap dan produser hip hopternama, Q-Tip, menjadi terkenal berkat grup musiknya, A Tribe Called Quest, yang dibentuk  pada tahun 1993 oleh Jonathan Davis. Pada tahun 1990, dia masuk Islam dan mengganti namanya menjadi Kamaal Ibn JohnFareed.

"Saya membaca Alquran dan ini menarik bagi saya," Q-Tip mengatakan kepada The Guardian tentang agama Islam yang baru ia anut ada watu itu.

Akon

Akon, penyanyi R & B yang dikenal dengan hits seperti "Smack That" dan "I Wanna Love You" adalah seorang memiliki nama lengkap Aliaume Damala Badara AkonThiam. Lahir di St. Louis, Missouri, Akon menganggap negara Senegal sebagai tempat asalnya karena dia menghabiskan sebagian besar masa kecilnya di sana.

Pada bulan Juni 2015, menjelang pertunjukan di Maroko, dia berbicara dengan surat kabar The National di Abu Dhabi mengenai karir dan keyakinannya : "Saya lahir sebagai seorang Muslim... dan selalu ada perdebatan tentang Islam dan musik. Saya tidak pernah melihat aspek penampilan musik itu sendiri. Bahkan jika Anda melihat sholatsetiap hari dalam Islam, kami berdoa dalam melodi. Saat kita mendengar panggilan untuk sholat di belahan dunia manapun, hal itu juga dilakukan dengan melodi. Jadi, tidak ada yang bisa mengatakan bahwa musik itu haram. "

Irrfan Khan

Aktor asal India yang memiliki nama lengkap Sahabzade Irrfan Ali Khan ini telah tampil di sejumlah film besar Hollywood, termasuk "Life of Pi," "Slumdog Millionaire,"dan "Jurassic World". Selain itu telah lebih dari 50 Bollywood ia mainkan. Khan lahir di Jaipur, India dan dibesarkan sebagai seorang Muslim. Ia menikah dengan penulis dan aktris Hindu Sutapa Sikdar. Mereka memiliki duaputra.

Faran Tahir

Aktor Pakistan-Amerika FaranTahir, yang terkenal karena perannya dalam "Iron Man," Star Trek"dan" 24, "tidak hanya Muslim dalam kehidupan nyata, dia juga telah memainkan banyak karakter muslim yang kuat di layar lebar atau layar televisi. Dalam "Anatomi Grey", misalnya, ia memainkan karakter Ishak, seorang teknisi laboratorium yang mengetahui bahwa ia memiliki tumor yang tidak dapat dioperasi, kemudian menunjukkan kesabaran, iman dan optimisme dalam menghadapikabar tersebut.

sumber : cbsnews.com/bustle.com
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement