Senin 25 Sep 2017 05:57 WIB

Kekeringan Meluas, Bantuan Air Bersih Terus Digulirkan

Sedekah air
Foto: daqu
Sedekah air

REPUBLIKA.CO.ID,Kekeringan akibat musim kemarau terus meluas di sejumlah daerah. Bantuan air bersih pun dibutuhkan masyarakat untuk pertanian, peternakan dan kebutuhan sehari-hari lainnya seperti minum, mencuci, mandi dan lainnya. Salah satu daerah yang terdampak adalah wilayah kabupaten Bandung  tepatnya di kampung Ci Garogol desa Sukanagara, Kecamatan Soreang, Jawa Barat.

Sudah 60 hari lebih hujan tidak turun di daerah ini. Selama ini warga memenuhi kebutuhan air bersih dengan cara pipanisasi, mengalirkan mata air dari jarak berpuluh-puluh kilometer menuju bak penampungan. Kemudian dialirkan kembali kepada setiap warga menuju bak di rumahnya masing-masing. Namun hal tersebut tidak bisa dilakukan dalam kondisi kekeringan saat ini, sebagian mata air andalan warga mengering meninggalkan satu mata air tersisa itu pun dengan debit air yang terbatas.

Proses menuju mata air tersebut pun cukup sulit, jarak yang harus di tempuh warga berjarak kurang lebih 1 kilometer, mata air ini tidak bisa diambil airnya sembarang waktu, mereka mengambilnya pada tengah malam melewati jalan setapak yang di selimuti rimbunnya pepohonan sehingga nampak seperti berjalan di dalam hutan.

Melihat kondisi tersebut PPPA Daarul Qur’an Bandung mengirim 2 truk tangki air yang masing-masing berisi 5000 liter air bersih. Kedatangan dua truk berisi air bersih ini langsung disambut dengan puluhan jerigen berkapasitas besar berjejer antre di parit jalan menunggu kucuran air secara bergiliran. Tidak hanya itu para ibu-ibu tampak sibuk mencari wadah-wadah penampungan yang sebenarnya wadah tersebut sebelumnya tidak pernah digunakan untuk menampung air, ini menunjukan bahwa perjuangan untuk mendapat air tidaklah mudah.

“Kami sangat terbantu dengan sedekah air ini, terima kasih kepada PPPA Daarul Quran yang telah ikhlas membantu warga sekitar yang ada di wilayah kami. Semoga kegiatan menebar manfaat ini menjadi berkah” papar Bapak Hendar selaku warga RW 8 Kampung Cigarogol.

Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) sendiri memprediksi kekeringan yang terjadi di sejumlah wilayah di Indonesia akan berlangsung hingga Oktober 2017, dimana sebanyak 3,9 juta jiwa masyarakat terdampak dan memerlukan bantuan air bersih.

Lewat program #SedekahAir PPPA Daarul Qur’an terus membantu wilayah yang mengalami kekeringan di sejumlah daerah seperti di Yogyakarta, Bogor, Surabaya, Malang dan Makassar. Partisipasi Anda untuk program #SedekahAir dapat disalurkan melalui rekening BCA 6030308041 atau klik http://s.id/sedekahair

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement