Tuesday, 22 Rabiul Awwal 1441 / 19 November 2019

Tuesday, 22 Rabiul Awwal 1441 / 19 November 2019

Baznas Bangun Rumah Sehat di Sulawesi Tengah

Kamis 21 Sep 2017 10:54 WIB

Rep: Fuji E Permana/ Red: Andi Nur Aminah

Rumah Sehat Baznas Parigi Moutong, Provinsi Sulawesi Tengah sudah rampung dan siap diresmikan Presiden Joko Widodo Rabu (27/9) mendatang

Rumah Sehat Baznas Parigi Moutong, Provinsi Sulawesi Tengah sudah rampung dan siap diresmikan Presiden Joko Widodo Rabu (27/9) mendatang

Foto: Dok Baznas

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pembangunan Rumah Sehat Baznas Parigi Moutong (RSB Parimo) di Desa Siniu, Kecamatan Siniu, Kabupaten Parigi Moutong, Provinsi Sulawesi Tengah baru saja selesai. RSB senilai Rp 4,5 miliar yang didanai Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) ini, direncanakan akan diresmikan Presiden Jokowi pada Rabu, 27 September 2017.

"Mudah-mudahan RSB ini bisa diresmikan oleh Presiden RI. Karena masyarakat setempat sangat berterima kasih pada pemerintah sehingga menginginkan Bapak Jokowi bisa hadir di tengah-tengah mereka," kata Anggota Baznas, Irsyadul Halim kepada Republika.co.id, Rabu (20/9)

Irsyad menerangkan, pembangunan fisik gedung sudah seratus persen tuntas. Saat ini tinggal pemasangan sarana pelengkap seperti peralatan kesehatan (alkes), peranti elektronik, furnitur dan meubel. Semua sedang dalam perjalanan, hanya butuh waktu satu sampai dua hari. Bisa disimpulkan bahwa semua sudah siap. "Pembangunan RSB ini merupakan proyek unggulan yang dipadukan dengan program penyaluran dana zakat, infak dan sedekah (ZIS) Baznas," ujarnya.

RSB Parimo merupakan pembangunan keenam yang dibangun dan dikelola Baznas setelah RSB Pangkalpinang di Provinsi Bangka Belitung, RSB Masjid Agung Sunda Kelapa di Jakarta, RSB Yogyakarta di DIY, dan RSB Sidoarjo di Jawa Timur serta RSB Makassar di Sulawesi Selatan.

Ia menyampaikan, tujuan pembangunan RSB untuk memeratakan akses kesehatan dan pengobatan bagi warga tidak mampu. RSB tersebut untuk memberikan suatu pelayanan kemanusiaan dan profesional sebagai model pemberdayaan masyarakat yang efektif. "Sekaligus jadi solusi yang reliabel dalam mengentaskan masalah-masalah sosial," ujarnya.

Irsyadul menambahkan, tidak hanya ke RSB, Baznas juga meninjau beberapa titik lokasi penerima manfaat program Baznas. Seperti Zakat Community Development (ZCD), bantuan 20 perahu untuk nelayan Desa Siniu dan Pelawa Baru, dan beasiswa pendidikan dari jenjang SD hingga perguruan tinggi. Serta sarana belajar PAUD, alat pengolah dan bibit nilam serta mobil pemasaran batu bata untuk BMT Al Amin Palu.


BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA