Jumat 08 Sep 2017 21:37 WIB

LIPIA Bagikan Alquran Gratis dan Doorprize Haji di IIBF

Rep: Taufiq Alamsyah/ Red: Dwi Murdaningsih
Pengunjung melihat buku saat Indonesia International Book Fair (IIBF) 2017 di Balai Sidang Jakarta, Rabu (6/9).
Foto: Republika/ Wihdan Hidayat
Pengunjung melihat buku saat Indonesia International Book Fair (IIBF) 2017 di Balai Sidang Jakarta, Rabu (6/9).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA --- Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia Arab (LIPIA) membagikan Alquran gratis dan mengundi pemberangkatan haji gratis di Indonesia International Book Fair (IIBF), Jakarta. Acara yang berlangsung di stan LIPIA tersebut berlangsung sejak Kamis (7/9) sampai Ahad (10/9).

"Dua hari ini sudah ada 3500 mushaf yang dibagikan. Ada yang terjemahan, ada yang hanya bahasa arab," ujar dosen LIPIA yang juga menjaga stan LIPIA, Budiyansyah kepada Republika.co.id pada Jumat (8/9).

Selain kitab suci Alquran, LIPIA juga membagikan 30 karton buku agama berbagai tema terjemahan dari Arab Saudi. Diantaranya ada tentang akidah, syariah, kisah sahabat, dan sebagainya.

"Kami ini LIPIA berada di bawah Imam University yang ada di Riyadh. Jadi sebetulnya kita dibawah naungan kerajaan juga," jelas Budiyansyah.

Untuk pembagian mushaf semua berasal dari LIPIA. Sedangkan pengundian haji gratis berasal dari atase agama Kedutaan Besar (Kedubes) Arab Saudi.

Pembagian haji gratis dimulai hari Kamis, Jumat, Sabtu masing - masing untuk 1 orang. Hari terakhir, Ahad dibagikan untuk 7 orang.

Kegiatan LIPIA tersebut sudah dilakukan sejak 2014 dalam IIBF. "Animo masyatakat alhamdulillah besar sekali dan kebetulan yang panitianya bagus juga, mereka mengumumkan ada pembagian quran dam doorprize haji," ucap Budiyansyah.

Ajang pameran buku bertaraf internasional ini berlangsung dari 6-10 September 2017. Kegiatan diselenggarakan di Jakarta Convention Center (JCC) Senayan.

IIBF 2017 diikuti sejumlah negara, di antaranya Indonesia, Filipina, Malaysia, Singapura, Thailand, China, Korea, Jepang, Jerman, Perancis, Belanda, Bosnia, India, Mesir, Saudi Arabia, dan Inggris. Dalam acara tersebut juga diberikan penghargaan IKAPI Award untuk tiga kategori.

Ada begitu banyak tawaran potongan harga dari berbagai penerbit. Selain pameran buku, ada banyak acara menarik. Seperti perlombaan, temu wicara dan bedah buku.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement