Kamis 07 Sep 2017 13:52 WIB

BMH-Sekolah Integral Hidayatullah Galang Dana untuk Rohingya

Pengungsi Rohingya turun dari perahu setelah berlayar di Teluk Bengal melintasi perbatasan Bangladesh-Myanmar di Teknaf, Bangladesh, Rabu (6/9) (foto atas), dan penyaluran bantuan untuk Muslim Rohingya oleh BMH di Dohazari Camp, Bangladesh pada akhir Maret 2017  (foto bawah).
Foto: Mohammad Ponir Hossain/Reuters
Pengungsi Rohingya turun dari perahu setelah berlayar di Teluk Bengal melintasi perbatasan Bangladesh-Myanmar di Teknaf, Bangladesh, Rabu (6/9) (foto atas), dan penyaluran bantuan untuk Muslim Rohingya oleh BMH di Dohazari Camp, Bangladesh pada akhir Maret 2017 (foto bawah).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kekerasan yang terjadi di Myanmar semakin meningkat, menyebabkan hampir 90 ribu muslim Rohingya melarikan diri ke Bangladesh dalam hitungan 10 hari. Kondisi ini memicu keprihatinan berbagai pihak, termasuk Laznas Baitul Maal Hidayatullah (BMH)  dan sejumlah elemen pendidikan.

“Sekolah Integral Hidayatullah bersama BMH akan menggelar even Solidaritas Kemanusiaan Untuk Rohingya yang akan digelar pada Jumat, 8 September 2017, di seluruh Indonesia,” terang Ketua Umum BMH Marwan Mujahidin dalam rilis yang diterima Republika.co.id, Kamis (7/9).

Even ini terdiri dari beberapa acara, mulai dari orasi kemanusiaan, pembacaan puisi, syair, drama, dongeng kemanusiaan, penggalangan dana dan doa bersama.

“Khusus  SD Integral Hidayatullah,  even ini  juga bekerja sama dengan LPAI yang disertai dengan Petisi Cap Tangan yang selanjutnya akan dibawa oleh Ketua Umum LPAI Kak Seto guna diserahkan ke Sekjen PBB,” ucapnya.

Kepala Pendidikan Dasar dan Menengah Dewan Pengurus Pusat Hidayatullah Amun RowieMPdI  menjelaskan, even ini penting dilakukan sebagai bentuk kepedulian dan kepekaan sosial bagi segenap civitas akademika Sekolah Integral Hidayatullah terhadap persoalan yang melanda Rohingya.

“Dengan begitu akan tumbuh rasa cinta dan kasih sayang kepada sesama dengan tidak mudah mengabaikan hak saudaranya yang lain, kemanusiaan benar-benar dijunjung tinggi,” ucapnya.

Meski demikian, BMH juga membuka ruang bagi semua pihak yang peduli dan ingin membantu Rohingya. “Bisa langsung ke sekolah-sekolah atau melalui BMH terdekat,” tegas Marwan.

“Donasi yang terhimpun akan disalurkan melalui Laznas BMH yang bersiap menerjunkan delegasinya untuk turun langsung ke lapangan dan menyampaikan bantuan bersama dengan aliansi lembaga kemanusiaan lainnya di Indonesia,” imbuh Amun.

Marwan mengemukakan, Laznas  BMH  telah tergabung dalam berbagai aliansi lembaga kemanusiaan dan lembaga zakat di Indonesia, termasuk di dalamnya Kementrian Luar Negeri RI yang baru-baru ini komunikasi langsung dengan pemimpin Myanmar untuk meminta pemerintah setempat memberikan  perlindungan bagi muslim Rohingya.

 

Foto: Penyaluran bantuan untuk Muslim Rohingya oleh BMH di Dohazari Camp, Bangladesh pada akhir Maret 2017

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement