Rabu 30 Aug 2017 18:16 WIB

Jejak Tatar di Belarus

Muslim Tatar, Crimea
Foto: theguardian
Muslim Tatar, Crimea

REPUBLIKA.CO.ID,  JAKARTA -- Islam sendiri mulai menyebar di Belarus pada abad ke-14. Pangeran-pangeran Lithuania yang menguasai negeri tersebut pada masa itu mempekerjakan kaum Muslimin Tatar dari Crimea dan Horde Emas sebagai penjaga perbatasan negara.

Sebagian dari orang-orang Tatar itu kemudian memilih menetap di Belarus dan hidup membaur bersama masyarakat setempat.  Hingga akhir abad ke-16, tercatat lebih dari 100 ribu orang Tatar yang bermukim di Belarus.

Mayoritas Muslim Tatar yang tinggal di Belarus adalah pengikut Mazhab Hanafi. Sampai hari ini, mereka tetap mempertahankan tradisi-tradisi Islam yang diwariskan sejak generasi leluhur mereka.

Untuk melestarikan keberadaan etnisnya, orang-orang Tatar di Belarus pada umumnya menganut sistem endogami, yakni perkawinan dengan sesama anggota suku mereka sendiri.

“Meskipun demikian, perkawinan antarsuku dengan penduduk dari etnis lain, seperti Belarus, Polandia, Lithuania, dan Rusia juga kerap terjadi di kalangan orang-orang Tatar Belarus. Akan tetapi, hal itu tidak melunturkan karakteristik mereka sebagai orang Tatar,” ungkap laman New World Encyclopedia.

Menurut data 2010, jumlah Muslim yang tinggal di Belarus saat ini diperkirakan mencapai 96 ribu jiwa atau sekitar satu persen dari total penduduk negara itu. Mereka membentuk 25 komunitas yang tersebar di beberapa kota, seperti Minsk, Ivye, Smilovichy, Slonim, dan Navahrudak.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement