Thursday, 24 Rabiul Awwal 1441 / 21 November 2019

Thursday, 24 Rabiul Awwal 1441 / 21 November 2019

Zikir Kebangsaan Awali Kegiatan Bulan Kemerdekaan

Jumat 28 Jul 2017 18:46 WIB

Rep: Dessy Suciati Saputri/ Red: Agus Yulianto

Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno memberi keterangan pers.

Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno memberi keterangan pers.

Foto: Antara/Rosa Panggabean

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA  -- Pemerintah akan menyelenggarakan rangkaian kegiatan mengisi bulan kemerdekaan selama tanggal1-31 Agustus nanti. Mengawali sejumlah kegiatan menyambut hari ulang tahun Indonesia, pemerintah akan menggelar zikir kebangsaan dengan tema 'Mensyukuri Nikmat Kemerdekaan' di halaman Istana Merdeka pada 1 Agustus.

"Jadi itu zikir, itu akan diikuti oleh para ulama dan sekaligus juga oleh para santri dari berbagai pondok pesantren yang kemudian disambung dengan berbagai kegiatan yang lain selama satu bulan," kata Menteri Sekretaris Negara Pratikno di halaman Istana Kepresidenan, Jakarta, Jumat (28/7).

Berbagai kegiatan bulan kemerdekaan ini tak hanya diselenggarakan di ibu kota Jakarta, namun juga di sejumlah kotalainnya di Indonesia. Pada tanggal yang sama, yakni 1 Agustus, pemerintah juga akan memamerkan sejumlah koleksi lukisan Istana Kepresidenan. Pameran lukisan ini bertajuk Senandung Ibu Pertiwi.

"Masih banyak koleksi Istana yang akan ditampilkan, yang ini pengalaman dari tahun lalu ini sangat ditunggu masyarakat," tutur dia. Pratikno pun berharap, pameran lukisan koleksi Istana Kepresidenan ini dapat menarik antusias masyarakat.

Kepala Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) Triawan Munaf juga berharap, pameran lukisan ini dapat menjadi akses bagi masyarakat dan peminat seni untuk menikmati koleksi lukisan dari Istana Presiden.

Pada tanggal 5, 12, 19, dan 26 Agustus nanti, kegiatan pentas seni juga akan diselenggarakan di Museum Fatahillah dan Kota Tua di sore hingga malam hari. Sedangkan pada tanggal 6, 13, 20, dan 27Agustus, pentas seni dan lomba antar komunitas di Car Free Day Jalan Sudirman dan sejumlah kota besar lainnya akan digelar.

Rangkaian bulan kemerdekaan berikutnya yakni peringatan Hari Kebangkitan Teknologi Nasional ke-22 dengan tema Pembangunan Maritim Berbasis Pengetahuan yang akan diselenggarakan di Center Point ofIndonesia, Makassar.

"Jumat 11 Agustus akan ada peluncuran dan kick off pembinaan ideologi Pancasila di Istana Bogor, " kata Triawan.

Selanjutnya, pemerintah akan meresmikan renovasi air mancur Monas pada Sabtu, 12 Agustus dan memperingati Hari Pramuka ke-56 di Cibubur pada Senin, 14 Agustus. Bagi masyarakat yang menantikan harga murah untuk berbagai kebutuhan, pemerintah pun menggelar Hari Belanja Diskon Indonesia di Gambir Expo-JIExpo Kemayoran pada Selasa, 16 Agustus.

Menurut Triawan, berbagai acara di bulan Kemerdekaan ini juga akan melibatkan partisipasi masyarakat. Rangkaian kegiatan selengkapnya untuk menyambut dan merayakan hari kemerdekaan Indonesia ini dapat diakses melalui website sayaindonesia.indonesia.go.id atau sayaindonesia.setneg.go.id.



BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA