Sunday, 5 Sya'ban 1441 / 29 March 2020

Sunday, 5 Sya'ban 1441 / 29 March 2020

Rumah Zakat Berbagi Kebahagiaan dengan Anak Yatim

Rabu 21 Jun 2017 17:25 WIB

Rep: Muhyiddin/ Red: Gita Amanda

Ratusan anak yatim mengikuti buka puasa bersama. (ilustrasi)

Ratusan anak yatim mengikuti buka puasa bersama. (ilustrasi)

Foto: Republika/Yasin Habibi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Rumah Zakat (RZ) mengadakan acara berbagi kebahagiaan bersama 1.000 anak yatim dan dhuafa di Graha 57, Jalan Margasatwa, Ragunan, Pasar Minggu Jakarta Selatan, Rabu (21/6). Selain membagikan bingkisan lebaran, dalam kegiatan ini RZ juga menggelar berbagai jenis perlombaan, seperti lomba adzan, pemilihan dai cilik (pildacil), halafalan juz 30, kaligrafi, dan cerdas cermat.

Berdasarkan pantauan di lokasi, rata-rata anak yatim yang datang dalam acara tersebut masih duduk di bangku sekolah dasar. Mereka merupakan anak asuh RZ yang tinggal di wilayah DKI Jakarta. Ketua panitia acara, Jaelani mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan program rutin tahunan RZ yang telah dilaksanakan untuk ketiga kalinya.

Di awal kegiatan bertema Ramadhan Happy Energy ini, tampak anak-anak tersebut menampilkan kreativitas berupa tarian, marawis, perkusi, dan hadrah. Kemudian, panitia membagikan hadiah bagi pemenang lomba dan dilanjutkan dengan pembagian 1.000 bingkisan lebaran anak yatim serta 60 bingkisan lebaran untuk keluarga kurang mampu. Setelah itu, baru dilanjutkan dengan berbuka puasa bersama.

Sebagai Branch Manager RZ, Jaelani berharap bantuan yang diberikan tersebut dapat membuat anak yatim dan kaum dhuafa ikut berbahagia dalam menyambut Idul Fitri 1438 Hijriyah. "Kami berharap dengan bantuan ini mereka berbahagia menjelang Idul Fitri. Karena dengan berbagi ini mereka secara senang dan menikmati apa yang kita berikan," ujar Jaelani saat berbincang dengan Republika.co.id di sela-sela acara.

Jaelani menambahkan, bingkisan lebaran yang diterima anak asuh RZ tersebut berisi perlengkapan sekolah, sehingga diharapkan dapat memicu semangat anak-anak tersebut untuk terus belajar. ”Kado Lebaran yang diantaranya berisi pakaian dan perlengkapan sekolah ini diharapkan menjadi penambah kebahagiaan dan semangat anak-anak asuh menielang hari raya," ujar Jaelani.

Selama Bulan Ramadhan ini, RZ memang telah mengadakan program besar berjuluk Senyum Ramadhan. Program ini terdiri dari empat jenis kegiatan, yaitu Berbagi Buka Puasa, Kado Lebaran Yatim, Syiar Quran, dan Bingkisan Lebaran Keluarga. Hingga hari ke-24 Ramadhan, RZ telah mendistribusikan 100.983 paket Berbagi Buka Puasa, 6.245 paket Kado Lebaran Yatim, 3,812 paket Syiar Quran dan 3.092 Bingkisan Lebaran Keluarga.

CEO Rumah Zakat, Nur Efendi percaya bahwa keikhlasan para donatur dan mitra untuk berbagi melalui dana-dana zakat, infak, dan program Senyum Ramadhan akan menghadirkan banyak kebahagiaan bagi masyarakat yang membutuhkan, termasuk anak yatim dan kaum dhuafa.

”Salah satu yang menjadi prioritas untuk kami bahagiakan adalah anak-anak asuh. Mereka adalah anak-anak yatim, ataupun yang berasal dari keluarga kurang mampu," kata Efendi.




BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA