Wednesday, 16 Rabiul Awwal 1441 / 13 November 2019

Wednesday, 16 Rabiul Awwal 1441 / 13 November 2019

Rektor Resmikan Masjid Alumni IPB

Selasa 20 Jun 2017 19:42 WIB

Red: Ilham Tirta

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Rektor Institut Pertanian Bogor (IPB), Herry Suhardiyanto meresmikan Masjid Alumni IPB sekaligus melakukan penandatanganan prasasti bersama Ketua Umum Himpunan Alumni (HA) IPB, Bambang Hendroyono, di Bogor, Jawa Barat, Ahad (18/6). Selain peresmian Masjid Alumni IPB, juga sekaligus dilaksanakan buka puasa dan santunan anak yatim piatu serta kaum dhuafa.

“Apresiasi dan penghargaan sebesar-besarnya kepada seluruh donatur yang terlibat dalam pembangunan Masjid Alumni IPB. Terutama kepada Pemerintah Provinsi Jawa Barat yang menjadi donatur utama. Harapannya keberadaan Masjid Alumni IPB yang berada di pusat keramaian kota bisa menjadi tempat ibadah yang representatif untuk warga Bogor,” kata rektor melalui keterangan tertulis yang diterima Republika.co.id, Selasa (20/6).

Pada kesempatan yang sama, Ketua Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) Alumni IPB, Iman Hilman mengungkapkan, keberadaan serta kehadiran masjid ditujukan menjadi tempat ibadah umat Islam. Dengan begitu, katanya, Masjid Alumni IPB mampu menjadi pusat ibadah dan dakwah di Bogor.

Selain menjadi tempat ibadah, Iman menyatakan, Masjid Alumni IPB juga dapat dijadikan lokasi melakukan kajian Islam yang damai dan mencerahkan, terutama para alumni. "Semua alumni IPB yang beragama Islam mempunyai hak melakukan pengelolaan dan penyelenggaraan kajian di masjid. Tidak ada keterkaitan pengurus Masjid Alumni IPB dengan kelompok tertentu atau didominasi oleh kelompok tertentu," ujar Iman.

Masjid Alumni IPB dibangun tahun 2012 oleh HA IPB secara swadaya. Anggaran Pembangunan Masjid Alumni IPB diperkirakan mencapai Rp 9 miliar yang berasal dari alumni, masyarakat Bogor dan Pemerintah Provinsi Jawa Barat. Pengurus dan pengelolanya adalah para alumni IPB yang peduli membangun umat dan memakmurkan keberadaan masjid.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA