Kamis 01 Jun 2017 17:03 WIB

Megahnya Masjid Kebanggan Umat Islam di Roma

Masjid Agung Roma
Masjid Agung Roma

OLEH: Khumaini Rosadi, SQ., M.Pd.I, Tim Dai Cordofa

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Tidak disangka. Ternyata masjid terbesar di Eropa pun terletak di Roma – Italia. Uniknya lagi, masjid ini disebut dalam bahasa Italia, centralo culturale islamico atau pusat kebudayaan Islam. 

Meskipun Mayoritas penduduknya umat Katolik, tidak menghalangi kebebasan kaum Muslimin untuk menjalankan ibadah puasa dari fajar sampai maghrib. Kehangatan kebersamaan Muslim itu terdapat di dalam masjid yang menjadi pusat berkumpulnya kaum Muslimin untuk melaksanakan shalat berjamaah dan ibadah-ibadah yang lainnya.

Sebagaimana dulu ketika zaman nabi, Masjid bukan hanya dijadikan sebagai tempat untuk ibadah, tetapi masjid juga dijadikan sebagai pusat budaya. Masjid difungsikan sebagai tempat untuk berdiskusi dan bermusyawarah. Masjid dijadikan sebagai tempat belajar mengajar. Bahkan masjid dijadikan sebagai tempat mengatur strategi.

Masjid ini dibangun hasil dari kesepakatan organisasi Islam se-dunia atau yang disebut OKI. Tercatat ada 23 negara yang menjadi perintis dan menyetujui dibangunnya pusat kebudayaan Islam di Roma. Adapaun negara-negara yang mendukung adalah: Algeria, saudi Arabia, Bahrain, Bangladesh, Brunei Darussalam, Egitto, Emirat Arab, Giordania, Indonesia, Iraq, Kuwait, Libia, Malaysia, Maroko, Mauritania, Oman, Pakistan, Qatar, Senegal, Sudan, Tunisia, Turki, dan Yaman. 

Masjid yang menjadi kebanggaan kaum Muslimin di Roma ini diresmikan pada tanggal 21 Juni 1995 yang bertepatan dengan tanggal 23 Muharram 1416 H oleh Raja Fahd bin Abdul Aziz as-Su’ud pada saat itu, dan dijadikan sebagai pusat kebudayaan Islam di Roma.

Semoga masjid yang telah terbangun di Roma ini menjadi pusat bertukar ilmu pengetahun dan budaya antar bangsa dan negara, juga menjadi tempat berkumpulnya kaum muslimin dan mempererat persaudaraan muslimin, meskipun beda bahasa dan warna kulit.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement