Senin 22 May 2017 16:04 WIB

Janji dan Hidayah AR Rahman di Masjid

Rep: Dia/Berbagai Sumber/ Red: Agung Sasongko
AR Rahman
Foto:

AR Rahman mengawali karier profesionalnya di industri film. Dia mulai dirintis di tahun 1992, ketika mendirikan studio rekaman sendiri di rumahnya di Chennai. Studio musiknya yang diberinya nama Panchathan Record Inn tersebut saat ini bisa dibilang sebagai salah satu studio musik yang paling canggih dan memiliki teknologi tinggi di Asia.

Dengan berbekal studio rekaman yang dimilikinya ini, Rahman mulai memproduksi soundtrack lagu untuk industri film India, film asing, dan pertunjukan teater. Dalam rentang karier lebih dari satu dekade, ia telah berhasil menjual lebih dari 150 juta rekaman film dan soundtrack di seluruh dunia, dan lebih dari 200 juta kaset. Prestasinya tersebut telah menjadikan Rahman sebagai salah satu seniman terlaris sepanjang masa.

Sepanjang kariernya sebagai musisi, Rahman telah memenangi berbagai penghargaan, baik di tingkat nasional maupun internasional. Antara lain, 14 piala Filmfare Awards, 11 piala Filmfare Awards South, empat piala National Film Awards, dua piala Academy Awards, dua Grammy Awards, satu piala BAFTA Award, dan satu piala Golden Globe. Atas pencapaian ini, pada 2005 lalu oleh majalah TIME, ia pernah dinobatkan sebagai penulis soundtrack film yang paling menonjol di India.

Di tahun 2009, majalah TIME kembali memberi penghargaan kepada Rahman dengan menempatkannya dalam daftar 100 Orang Paling Berpengaruh di Dunia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement