Senin 22 May 2017 16:04 WIB

Janji dan Hidayah AR Rahman di Masjid

Rep: Dia/Berbagai Sumber/ Red: Agung Sasongko
AR Rahman
Foto:
AR Rahman

Ketika usianya menginjak sembilan tahun, sang ayah meninggal dunia dan peran sebagai kepala keluarga dipegang oleh ibunya Kareema (Kashturi). Sejak saat itu, kebutuhan hidup Rahman dan saudara-saudaranya ditutupi dari hasil menyewakan alat-alat musik peninggalan sang ayah. Kerasnya kehidupan yang harus ia lalui sepeninggal sang ayah telah membuatnya menjadi seorang ateis.

Meskipun tidak pernah belajar musik secara khusus kepada ayahnya, darah seniman yang dimiliki sang ayah mengalir dalam diri Rahman. Sepeninggal ayahnya, ia memutuskan untuk memulai pelatihan awalnya di bidang musik di bawah arahan seorang seniman lokal bernama Master Dhanraj.

Pada usia 11 tahun, ia bergabung dengan kelompok musik yang didirikan oleh komposer musik ternama di India, Ilaiyaraaja, sebagai pemain keyboard. Rahman kemudian bergabung dalam kelompok orkestra yang beranggotakan MS Viswanathan, Ramesh Naidu, Raj-Koti, Zakir Hussain, Kunnakudi Vaidyanathan, dan L Shankar. Bersama kelompok orkestra ini, ia melakoni sejumlah tur dunia.

Berkat kecemerlangannya dalam bermusik, ia pun mendapat tawaran beasiswa dari sebuah sekolah musik di Greenwich, Inggris, yakni Trinity College of Music. Rahman berhasil menyelesaikan pendidikan musiknya di sana dan lulus dengan gelar dalam bidang musik klasik Barat.

Masuk Islam

Persentuhan awal Rahman dengan agama Islam terbilang unik. Jika membicarakan perjalanannya dalam menemukan hidayah bagai mengingat peristiwa yang menimpa adik perempuannya. Ketika itu, sang adik tiba-tiba jatuh sakit. Berbagai upaya telah ditempuh dan dilakukan oleh keluarganya demi kesembuhan sang adik. Namun, kesembuhan yang diharapkan tak kunjung tiba.

Di tengah keputusasaan yang melanda keluarga Rahman, salah seorang teman keluarganya, memberi saran agar mereka memanjatkan doa di sebuah masjid dan bersumpah untuk masuk Islam jika sang adik diberi kesembuhan kelak. Jadilah keluarga Rahman menjalankan saran tersebut.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement