Senin 22 May 2017 16:04 WIB

Janji dan Hidayah AR Rahman di Masjid

Rep: Dia/Berbagai Sumber/ Red: Agung Sasongko
AR Rahman
Foto: youtube
AR Rahman

REPUBLIKA.CO.ID, JAKATA -- Anda, para pecinta film Bollywood (India) ataupun film-film luar, tentu masih ingat dengan Slumdog Millionaire, sebuah film terbaik Academy Awards 2009. Film yang berhasil menyabet delapan piala Oscar itu mengundang decak kagum dan pujian dari berbagai kalangan.

Hollywood, yang menjadi barometer industri film dunia pun menyatakan salut atas film yang berkisah tentang kemiskinan di Mumbai, India ini. Era perfilman dunia telah bergeser dan kini eranya Bollywood, demikian komentar yang disampaikan seorang pengamat film di Amerika Serikat seperti ditulis CNN.

Sebelum meraih predikat Film Terbaik di ajang Oscar, Slumdog Millionaire telah mendapatkan sejumlah penghargaan bergengsi. Di antaranya, memenangkan lima Critics Choice Awards, empat piala Golden Globe, dan tujuh piala di ajang BAFTA Awards.

Kesuksesan film ini tak hanya melambungkan nama para aktor dan aktrisnya, tapi juga nama sang komposer soundtrack Slumdog Millionaire, yakni AR Rahman. Di ajang tersebut, AR Rahman mendapatkan dua piala Oscar, yakni untuk kategori penata musik dan lagu terbaik.

Di dunia musik, sebelum film Slumdog Millionaire dirilis, nama AR Rahman mungkin tidak banyak orang mengenalnya. Padahal, laki-laki kelahiran Chennai, Tamil Nadu, India tanggal 6 Januari 1966 ini telah menjual lebih dari 100 juta rekaman. Rahman yang dijuluki Mozart of Madras oleh majalah TIME itu setidaknya telah menjadi pengarah musik lebih dari 50 film produksi Bollywood. Dan, ketika sutradara Slumdog Millionaire, Danny Boyle, menyodori posisi penata musik, ia tidak berpikir dua kali. Dia mulai merencanakan musik itu beberapa bulan dan akhirnya film itu benar-benar meledak.

Seperti mayoritas penduduk India yang menganut agama Hindu, Rahman sejak lahir sudah memeluk Hindu. Nama pemberian orang tuanya adalah AS Dileep Kumar. Ia tumbuh dan dibesarkan di tengah-tengah keluarga pemusik kaya raya etnis Tamil. Ayahnya, RK Shekhar, dikenal luas sebagai komposer dan konduktor musik untuk film-film India berbahasa Malayalam.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement