Sabtu 13 May 2017 00:00 WIB

TGB: Jangan Terpaku dengan Satu Ayat Al Maidah

Rep: Muhammad Nursyamsyi/ Red: Reiny Dwinanda
Tuan Guru Bajang (TGB) Muhammad Zainul Majdi membimbing seorang mualaf untuk melantunkan dua kalimat syahadat di Masjid Al Firdaus, Sewon, Bantul, DIY, Jumat (12/5).
Foto: Republika/Muhammad Nursyamsyi
Tuan Guru Bajang (TGB) Muhammad Zainul Majdi membimbing seorang mualaf untuk melantunkan dua kalimat syahadat di Masjid Al Firdaus, Sewon, Bantul, DIY, Jumat (12/5).

REPUBLIKA.CO.ID, SLEMAN -- Gubernur NTB TGH Muhammad Zainul Majdi mengajak jamaah di Masjid Nurul Ashri, Deresan, Caturtunggal, Sleman, DIY untuk memaknai Alquran. Pria yang dikenal dengan sebutan Tuan Guru Bajang (TGB) mengingatkan Alquran merupakan petunjuk bagi kehidupan manusia di dunia.

"Alquran merupakan panduan dalam berbuat kebaikan maupun mencegah keburukan," ungkapnya, Jumat (12/5).

TGB mensyukuri kejadian demi kejadian di Jakarta telah membuat banyak orang mau tahu tentang makna surah Al Maidah ayat 51. Akan tetapi, ia mengimbau Muslim untuk tidak hanya terpaku dengan satu ayat, saja. "Pahami Alquran secara keseluruhan. Maknanya jauh luar biasa," ujarnya.

TGB yang juga seorang hafidz menjelaskan setiap ayat dalam Alquran memiliki keterkaitan dengan ayat atau surat sebelum dan sesudahnya. Surat Al Maidah ayat 51 yang mengajarkan soal kepemimpinan itu merupakan hilir. "Intinya, bagaimana umat Islam belajar membangun komitmen bersama dan memenuhi komitmen itu," kata Tuan Guru.

TGB mengatakan semua peristiwa yang terjadi harus membuat Muslim mencintai Alquran lebih dalam. :Ini momentum bagi generasi muda memaknai kitab kita. Ajaklah Alquran itu 'berbicara'," ucap TGB.

TGB menilai umat Islam memiliki energi besar yang sayang jika tidak diimplementasikan juga untuk membangun perekonomian umat. Dia berharap energi besar yang dimiliki umat Islam bisa diarahkan juga kepada sektor pendidikan untuk mencetak generasi muda Islam yang mencintai Alquran.

"Kita semua perlu belajar Alquran terus-menerus, sedikit demi sedikit. Saat kita berinteraksi dengan Alquran jangan lupa perbanyak keikhlasan ibadah kita hanya untuk Allah SWT semata," ujarnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement