Jumat 12 May 2017 14:02 WIB

Masjid Agung Natuna, Ikon Wisata Religi Kabupaten Natuna

Masjid Agung Natuna di Kabupaten Natuna.
Foto:
Masjid Agung Natuna di Kabupaten Natuna.

Ayah empat anak tersebut melanjutkan, "Orang bilang itu seperti Taj Mahal, sebenarnya dia (Masjid Agung Natuna) lebih anggun dari Taj Mahal. Karena kalau Taj Mahal kan skalanya kecil, kalau ini besar."

Ornamen masjid terinsiprasi dari Alquran yang menjadi sumber segala hukum. Kubah masjid mirip dengan Taj Mahal. Bedanya, Taj Mahal putih bersih, sementara Masjid Agung Natuna berlapis lukisan bintang berkelir hijau dan kuning.

Di siang hari, cahaya matahari menembus dari kaca patri yang ditanam di beberapa sudut kubah dan dinding masjid. Bagian tepi lantai satu dipayungi lantai dua sehingga cukup gelap. Untuk menerangi bagian ini, di atas pintu masuk ada ventilasi yang cukup besar.

Dari segi bentuk, pintu masuk masjid memiliki geometrika lengkung yang bagian atasnya lancip. Memiliki dua pintu utama, tiga pintu di sayap kanan dan kiri pintu utama, serta empat pintu di sisi kanan dan kiri bangunan utama. Semua pintu mengarah ke ruang utama yang disinari cahaya matahari.

Sementara latar belakang mihrab masjid ini terbuat dari bahan kayu dengan lengkungan berdiameter cukup besar. Geometrikanya juga terbentuk dari lengkung atau busur dengan pertemuan lancip di bagian tengah di posisi atasnya. Latar mihrab masjid didesain dengan labirin busur lancip.

"Taman dan jalan sebenarnya belum jadi. Itu baru tahap satu, harusnya tahap berikutnya indah sekali. Bangunannya tidak mencontoh apa-apa. Dalam mendesain sesuatu saya selalu memohon kepada Allah. Maka jadilah masjid tersebut," ucap dia.

Sayangnya, di balik kemegahan masjid, Pemda Natuna belum melakukan perawatan cukup baik. Saya yang sempat berkeliling bangunan masjid menemukan beberapa lantainya terlepas. Langit-langit yang terbuat dari gipsum rusak terkena tetesan air.

Bahkan, saat saya menyempatkan diri Shalat Subuh, masjid gelap gulita. "Pemerintah kurang perhatian. Lihat saja, perawatan sangat kurang, dan banyak lampu yang putus dan tidak diganti sehingga membuat masjid gelap saat malam hari," kata seorang petugas pembersih masjid yang enggan disebutkan namanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement