Sabtu 06 May 2017 10:04 WIB

MUI Depok Gelar Tarawih Keliling di 11 Kecamatan Selama Ramadhan

Rep: Rusdy Nurdiansyah/ Red: Hazliansyah
Ribuan umat muslim mengikuti shalat tarawih di malam pertama bulan suci Ramadhan 1437 H, di Masjid Istiqlal Jakarta, Ahad (5/6) malam. (Republika/Darmawan)
Foto: Republika/Darmawan
Ribuan umat muslim mengikuti shalat tarawih di malam pertama bulan suci Ramadhan 1437 H, di Masjid Istiqlal Jakarta, Ahad (5/6) malam. (Republika/Darmawan)

REPUBLIKA.CO.ID, DEPOK -- Majelis Ulama Indonesia (MUI) bekerja sama dengan Pemerintah Kota (Pemkot) Depok membuat beragam agenda untuk menyemarakkan bulan suci Ramadhan 1438 Hijriah. Salah satunya kegiatan shalat tarawih keliling (Tarling) yang akan diadakan di 11 Kecamatan di Kota Depok.

Ketua MUI Kota Depok, Ahmad Dimyati Badruzzaman mengatakan, tarling atau tarawih keliling merupakan kegiatan yang dilakukan setiap bulan Ramadhan. Untuk itu, MUI Depok bersama Pemerintah Kota akan melakukan shalat berjamaah di masjid yang ditunjuk dari seluruh kecamatan. Selain itu, kegiatan tarling tersebut merupakan salah satu ajang untuk bersilaturahim di bulan Ramadhan.

"Kegiatan tarling sudah menjadi agenda rutin kami di Ramadhan. Insya Allah, kegiatan tersebut dapat menjadi sarana silaturahmi dengan warga Depok. Terlebih dilakukan saat Ramadhan, sebab silaturahim adalah suatu bentuk ibadah yang wajib dilakukan sesama umat Muslim," terangnya.

Menurut Dimyati, selain kegiatan tarling di bulan Ramadhan, MUI Depok juga akan menggelar Orientasi Imam dan Da’i Ramadhan yang bertujuan memberikan informasi dari penyampaian para narasumber yaitu mengenai etika berdakwah, menyampaikan dakwah yang baik dan tanggung jawab Da’i dalam meningkatkan makna Ramadhan dalam kesalehan pribadi maupun kesalehan sosial.

"Semoga semua materi yang diberikan dalam kegiatan tersebut dapat dicerna dengan baik oleh para peserta. Sehingga pesan yang disampaikan dapat sampai kembali ke lingkungan sekitar," harapnya.

Dimyati berharap, seluruh kegiatan MUI Depok di bulan Ramadhan dapat bermanfaat bagi masyarakat di Kota Depok. Selain juga lebih mendekatkan MUI dengan warga Depok lewat kegiatan Tarling yang akan diisi dengan materi dakwah, agar masyarakat dapat semakin menjadi manusia menjadi lebih religius.

"Dengan rangkaian kegiatan MUI di bulan Ramadan nanti, maka dapat menjadi kegiatan positif bagi warga Depok," kata dia mengakhiri.

Dapat mengunjungi Baitullah merupakan sebuah kebahagiaan bagi setiap Umat Muslim. Dalam satu tahun terakhir, berapa kali Sobat Republika melaksanakan Umroh?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement