Sabtu 29 Apr 2017 17:00 WIB

Suka Bergosip, Ini Kata Rasulullah

Rasulullah
Foto: wikipedia
Rasulullah

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Rasulullah menegaskan, siapa yang suka bergosip penuh kebencian, suka mencari-cari kesalahan orang lain, maka dirinya akan dijauhkan dari pintu surga.

Sebaliknya, seperti disampaikan Syaikh Muhammad bin Sholeh Al-Munajjid dalam kitab Muharramat Istahana Bihan Naas, wajib bagi orang yang hadir dalam pembicaraan yang sedang menggunjingkan orang lain, untuk mencegah kemungkaran dan membela saudaranya yang digunjingkan.

Ini sesuai anjuran Nabi. ''Barangsiapa yang melindungi kehormatan saudaranya dari fitnah, maka akan menjadi haknya bahwa Allah akan melindunginya dari api neraka.'' (HR Ahmad)

Dr Muhammad Ali menambahkan, seorang Muslim hendaknya dapat memerangi pergunjingan di manapun berada. Dengan begitu, ia akan melindungi saudara Muslimnya dari orang yang bergosip atasnya.

''Selain itu, dia juga menolak hal-hal buruk yang orang lain katakan,'' paparnya lagi. Hal ini diperkuat oleh Syaikh Salim bin 'Ied al-Hilali. Menurutnya,  seperti halnya diharamkan ber-ghibah, diharamkan juga mendengarkan dan mendiamkan perbuatan itu.

''Wajib hukumnya membantah orang yang melakukannya,'' demikian Syaikh Salim dalam kitab Al-Manaahisy Syar'iyyah fii Shahiihis Sunnah an-Nabawiyyah (Ensiklopedi Larangan menurut Alquran dan Sunnah)

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement