Sabtu 15 Apr 2017 09:53 WIB

Dilarang Bermesraan di Taman Al-Azhar

Taman Al-Azhar, Kairo
Foto: Wikipedia
Taman Al-Azhar, Kairo

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Taman al-Azhar ini harusnya bisa menjadi sumber inspirasi yang baik buat pengelola ruang terbuka di Tanah Air. Selain konsep arsitekturnya, ada hal lain yang cukup menarik untuk ditiru. Tak perlu biaya besar kok untuk mewujudkannya. Yang dibutuhkan hanya nyali besar untuk menerapkan aturan sebagaimana di Taman al- Azhar.

Taman al-Azhar ternyata lebih ditujukan bagi ruang berkumpul keluarga. Tak diperbolehkan pa sangan muda-mudi duduk berduaduaan, apalagi bermesraan. Bahkan, mereka yang berstatus suami-istri pun dilarang pamer kemesraan di sini. Untuk menerapkan aturan ini, taman ini memiliki petugas semacam ‘’polisi moral’’. Tugasnya bukan untuk mengatur lalu lintas kendaraan di sekitar taman, melainkan mengawasi dan menegur siapa saja yang bermaksiat di taman ini.

Nah, coba bayangkan, jika polisi semacam ini dihadirkan di Taman Monas dan taman-taman lainnya di Indonesia. Tentu, taman-taman kita akan menjadi tempat yang indah sekaligus bersahabat bagi semua keluarga, terutama anak-anak.

Di blog pribadinya, Maya pun mengaku pernah ditegur polisi Taman al-Azhar. ‘’Padahal, waktu itu Maya cuma nyandarin kepala di bahu suami. Tiba-tiba polisinya datang dan menegur kami. Malu banget!’’

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement