Rabu 12 Apr 2017 17:00 WIB

Jejak Kisah Ashabul Qaryah

Rep: Syahruddin el-Fikri/ Red: Agung Sasongko
Reruntuhan kota Antioch, Turki
Foto: Panoramio.com
Reruntuhan kota Antioch, Turki

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Alquran adalah firman Allah SWT yang diturunkan kepada Rasulullah SAW sebagai petunjuk bagi umat manusia. Ayat-ayat Alquran itu berisi tentang perintah ibadah, larangan melakukan perbuatan maksiat, kisah-kisah umat terdahulu, kisah nabi dan rasul, hukum, serta janji dan ancaman. Di dalamnya terkandung berbagai hikmah dan peristiwa yang dapat dijadikan pelajaran (i'tibar) di dunia ini.

Salah satu kisah yang dapat dijadikan pelajaran bagi umat masa kini adalah kisah Ashabul Qaryah, yaitu sebuah negeri yang kebanyakan penduduknya melanggar aturan Allah serta mendustakan utusan Allah.

Dalam surah Yaasin (36) ayat ke-13-14, disebutkan bahwa Allah mengirimkan utusan kepada penduduk suatu negeri (Ashabul Qaryah) untuk memberikan peringatan. Namun, peringatan dan utusan itu justru didustakan oleh mereka.

''Buatlah suatu perumpamaan bagi mereka, yaitu suatu negeri (Ashabul Qaryah) ketika utusan-utusan datang kepada mereka. (Yaitu) ketika Kami mengutus kepada mereka dua orang utusan, tapi mereka mendustakan keduanya. Kemudian, Kami kuatkan dengan (utusan) ketiga, maka ketiga utusan itu berkata, 'Sesungguhnya kami adalah orang-orang yang diutus kepadamu'.'' (QS Yaasiin [36] : 13-14). Karena mereka mendustakan utusan tersebut, Allah pun memusnahkannya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement