Rabu 29 Mar 2017 15:15 WIB

Yaman, Berkontribusi Besar untuk Peradaban Islam

Rep: Ahmad Islamy Jamil/ Red: Agung Sasongko
Suasana masjid di Sanaa, Yaman.
Foto: REUTERS/Mohamed al-Sayaghi
Suasana masjid di Sanaa, Yaman.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA --  Negeri Yaman berada dalam kondisi stabil selama era pemerintahan Khulafa ar-Rasyidun. Masyarakat di negeri itu bahkan turut memberikan kontribusi besar dalam perkembangan Islam sepeninggal Rasulullah SAW.

“Suku-suku Yaman memainkan peranan penting dalam penaklukan Islam di Mesir, Irak, Persia dan sekitarnya, Anatolia, Afrika Utara, Sisilia, hingga Andalusia,” ungkap Wilferd Madelung dalam karyanya, The Succession to Muhammad: A Study of the Early Caliphate.

Tak hanya itu, suku-suku Yaman yang menetap di Suriah juga memberikan kontribusi signifikan terhadap penguatan kekuasaan Dinasti Umayyah, terutama pada masa pemerintahan Khalifah Marwan I. Beberapa emirat yang didirikan di Afrika Utara dan Andalusia semasa Umayyah dipimpin oleh orang-orang keturunan Yaman.

Ketika Bani Abbasiyah berkuasa, Muhammad bin Abdullah bin Ziyad mendirikan Dinasti Ziyadiyah di Tihama pada 818 M. Negara baru yang dibangun oleh dinasti tersebut membentang dari Haly—yang hari ini merupakan bagian dari wilayah Arab Saudi—di utara sampai ke Aden di selatan. Secara normatif, Dinasti Ziyadiyah mengakui kekhalifahan Abbasiyah di Baghdad.

“Namun, pada praktiknya mereka memiliki kekuasaan yang independen di Yaman dan menjadikan Zabid sebagai ibu kota kerajaan Ziyadiyah,” ujar Paul Wheatley dalam The Places Where Men Pray Together: Cities in Islamic Lands, Seventh Through the Tenth Centuries.

Sejak abad kesebelas, negeri Yaman berulang kali mengalami suksesi atau pergantian kepemimpinan dari satu penguasa ke panguasa lainnya. Mulai dari  Dinasti Sulayhiyah (1047-1138), Rasuliyah (1229-1454), Tahiriyah (1454-1517), hingga Turki Ottaman.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement