Ahad 26 Mar 2017 14:19 WIB

Bangsa Jin Mengabarkan Kematian Dua Khalifah Terkemuka

Madrasah Mustansiriya, Baghdad, Irak, salah satu karya arsitektur Abbasiyah.
Foto: Davidmus.dk
Madrasah Mustansiriya, Baghdad, Irak, salah satu karya arsitektur Abbasiyah.

REPUBLIKA.CO.ID, Di antara kemampuan yang dimiliki bangsa jin adalah, dia mampu mengakses informasi-informasi di alam gaib, yang tak mampu diindera manusia. 

Syekh Qadi Badruddin bin Abdullah as-Syibli dalam kitabnya Gharaib al-Jin wa ‘Ajaib al-Jin, mengisahkan peristiwa-peristwa langkah yang membuktikan aksi bangsa jin menginformasikan kepada manusia ihwal meninggalnya sejumlah tokoh. 

Di antara tokoh itu antara lain Umar bin Abd al-Aziz. Diriwayatkan dari al-Majisyun, suatu malam dia sedang berjalan keluar di sekitar Makkah, tiba-tiba dia berpas-pasan dengan seekor anjing. 

Dia melihat anjing tersebut akhirnya berkumpul dengan gerombolan teman-temannya. Tiba-tiba sang anjing itu berbicara,”Bagaimana mungkin kalian bisa tertawa dan bermain riang, padahal Umar bin Abd al-Aziz, Sang Khalifah agung itu telah meninggal.” 

Spontan, al-Majisyun pun kaget dan segera mencari validitas informasi tersebut. Dia semakin kaget lagi tatkala memang Umar bin Abd al-Aziz wafat pada malam hari itu.        

Tokoh yang berikutnya adalah kabar duka yang disampaikan seekor jin ihwal meninggalnya Harun ar-Rasyid. Al-Hakim dalam kitab Tarikh Nisabur menyebutkan kejadian tersebut dari Abdullah as-Sa’di.

As-Sa’di berkata,”Suatu ketika saya naik di menara masjid untuk azan shalat Shubuh, di sekitar masjid, terdapat dua anjing yang saling berhadap-hadapan. Tib-tiba keduanya berbicara dengan jelas. 

“Ada kabar apa?”

“Harun ar-Rasyid meninggal dunia.”  

As-Sa’di pun segera turun dan mencatat waktu, hari, dan tanggal kejadian tersebut. 

Dan ternyata, beberapa waktu kemudian, dia menerima informasi bahwa tepat pada hari dan jam yang sama dalam catatan as-Sa’di, Harun ar-Rasyid meninggal dunia yaitu pada Sabtu malam, 3 Jumadil Akhir, 193 Hijiriyah di usia 47 tahun. 

Dalam banyak riwayat disebutkan, bangsa jin bisa berubah wujud antaralain ke dalam rupa dan fisik binatang. Di antaranya ular dan anjing.    

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement