Rabu 22 Mar 2017 21:15 WIB

10 Masjid Megah di Dunia

Rep: mgrol95/ Red: Agung Sasongko
Masjidil Haram
Foto: Wikipedia
Masjid Sultan Singapura

7. Masjid Faisal, Pakistan 

Masjid ini merupakan Masjid terbesar di Pakistan dan Asia Selatan dan juga menjadi Masjid terbesar keenam di dunia. Masjid Faisal sempat menjadi Masjid terbesar di dunia dari tahun 1986 sampai  1993. Sebelum di lewati oleh Masjid Hassan II di Casblanca, Maroko.

Lalu disusul juga oleh Masjid Nabawi dan Masjidil Haram. Sejak itu pemerintah Aras Saudi menetapkan Masjid Faisal sebagai Masjid terbesar keempat didunia. Masjid Faisal adalah Masjid kebanggaan bagi warga Pakistan. Dengan luas 5000 meter persegi, Masjid Faisal mampu menampung 300.000 jamaah ( 100.000 jamaah dalam bangunan Masjid, dan 200.000 jamaah di pelataran Masjid.

8. Masjid Taj Ul, India 

Masjid Taj Ul bias juga berarti “Masjid Bermakhkota” berada di Bhopal India. Masjid ini juga dijadikan sekolah bagi kaum Muslim. Masjid Taj Ul merupakan salah satu  Masjid terbesar di Asia. Masjid berwarna pink dengan menara berbentuk octagonal setinggi 18 lantai dengan berbahan dasar marmer

9.Masjid Badshahi, Pakistan

Masjid Badashahi adalah Masjid Kaisar di Lahore dan Masjid kedua terbesar di Pakistan serta Masjid terbesar ketujun di dunia. Dengan arsitekturnya yang unik dan menarik layakanya Kerajaan dari era Mughal, Masjid ini menjadi cirri khas dari Pakistan dan menjadi tujuan wisata bagi para turis yang berkunjung ke Pakistan.

Masjid ini mampu menampung 10.000 jamaah di dalamnya, dan juga 100.000 jamaah dipelataran Masjid. Hal ini mengingat Masjid ini pernah menjadi Masjid terbesar di dunia  dari tahun 1676 sampai 1986 (sekitar 313 tahun). Sebelum akhirnya tersaingi oleh besarnya Masjid Faisal.

10. Masjid Sultan, Singapura

Masjid Sultan, berlokasi di jalan Muscat dan jalan jembatan utara di Kampung Glam Rochor di Singapura. Masjid ini merupakan salah satu Masjid terpenting di Singapura. Masjid Sultan tidak pernah berubah sejak pertama kali di bangun, hanya dengan tambahan altar pada tahun 1960 dan telah ditetapkan menjadi monument pada 14 maret 1975.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement