Senin 20 Mar 2017 15:14 WIB

Ustaz Arifin Ilham: Zikir Pembangkit Energi Iman

Jamaah mengikuti zikir bersama Ustaz Arifin Ilham saat Dzikir Nasional Republika 2016 di Masjid At-Tin, Jakarta, Sabtu (31/12).Republika/Wihdan Hidayat
Foto: Republika/Wihdan Hidayat
Jamaah mengikuti zikir bersama Ustaz Arifin Ilham saat Dzikir Nasional Republika 2016 di Masjid At-Tin, Jakarta, Sabtu (31/12).Republika/Wihdan Hidayat

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR – Banyak sekali hikmah berzikir. Salah satu di antaranya, kata Pimpinan Majelis az-Zikra Ustadz Muhammad Arifin Ilham, sebagai pembangkit energi iman.

“Di antara hikmah zikir adalah zikir sebagai pembangkit energi iman. Karena itulah yang dipanggil Allah untuk berzikir adalah hamba Allah yang beriman,” kata Ustaz Arifin Ilham kepada Republika.co.id, Senin (20/3/2017).

Arifin lalu menyitir ayat Alquran surah al-Ahzab ayat 41-44. Artinya: "Hai hamba-hamba Allah yg beriman, berzikirlah  kalian kepada Allah, zikir yang banyak, dan bertasbihlah kalian kepada Allah pada  waktu pagi dan petang niscaya Allah merahmati kalian, dan malaikatpun mendoakan kalian agar kalian keluar dari kegelapan menuju cahaya-Nya.”

Arifin menambahkan, bertambah kuat iman karena zikir, memberikan dampak-dampak berikutnya. “Subhanallah, karena iman seorang mukmin berzikir; karena berzikir tambah kuat imannya; karena tambah kuat imannya, maka ia pun senang beribadah; karena senang beribadah, maka iapun berakhlak mulia. Nikmatnya shalat malam, hobinya  baca Alquran, wudhunya terjaga selalu, zikirnya, Dhuhanya, sedekahnya, silaturahimnya dan asyiknya muhasabah dirinya,” ujar Arifin.

Tak hanya itu. “Buah berzikir adalah  jauh dari maksiat. Bagaimana bisa maksiat karena ia selalu ingat Allah yang Menatapnya, yang Menyaksikan, yang Mendengarnya, yang Memerhatikannya, Allahu Akbar,” kata Ustaz Muhammad Arifin Ilham.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement